Scroll untuk baca artikel
Berita

Daop 3 Cirebon Imbau Penumpang tak Pakai Stop Kontak Selain untuk Gadget

104
×

Daop 3 Cirebon Imbau Penumpang tak Pakai Stop Kontak Selain untuk Gadget

Sebarkan artikel ini
Fasilitas colokan listrik di gerbong kereta api. Foto: KAI

CIREBON – KAI Daop 3 Cirebon mengimbau para penumpang kereta api agar tidak memakai stop kontak atau colokan listrik di dalam kereta api di luar gadget.

Manager Humas PT. KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul mengatakan, sumber daya listrik melalui stop kontak di dalam kereta peruntukannya hanya untuk ponsel, tablet dan juga laptop.

“Selain ketiga barang tersebut itu tidak diperkenankan, dikarenakan dapat mengganggu kenyamanan, keselamatan perjalanan kereta,” katanya, Jumat (23/2/2024).

Dirinya melanjutkan, penggunaan daya listrik dalam jumlah yang besar dikhawatirkan menjadi permasalahan pada daya listrik di dalam kereta.

“Yang jelas nanti mengganggu daya listrik kereta, baik itu daya menjadi turun, dan merusak peralatan elektronik lainnya, karena memang adanya stop kontak terse sudah dihitung dayanya,” lanjutnya.

Ia menuturkan, jika penumpang kedapatan menggunakan stop kontak tersebut untuk barang lainnya itu sanksinya berupa teguran.

“Kalau sekarang hanya teguran saja terlebih dahulu, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk adanya sanksi lainnya,” tuturnya.

Zainul menjelaskan, pihaknya sudah melakukan himbauan disetiap kereta, baik melalui pengumuman yang ada di dalam kereta maupun melalui kondektur kereta.

“Pastinya kondektur akan melakukan pengecekan terhadap setiap kereta, jika ada yang menemukan penumpang yang memakai daya listrik tidak pada peruntukannya bisa melaporkan ke kondektur,” jelasnya.*(Sakti)

TiketFest