Scroll untuk baca artikel
CirebonBerita

Perpustakaan Cirebon Power, Gelar Pelatihan Menggambar untuk Guru TK

108
×

Perpustakaan Cirebon Power, Gelar Pelatihan Menggambar untuk Guru TK

Sebarkan artikel ini
Pelatihan menggambar di Perpustakaan Cirebon Power. Foto : dok/Cirebon Power
Pelatihan menggambar di Perpustakaan Cirebon Power. Foto : dok/Cirebon Power

CIREBON – Puluhan guru Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (Kober) disekitar Pembangkit Listrik Cirebon Power, mengikuti pelatihan menggambar yang diselenggarakan oleh Perpusatkaan Cirebon Power, Senin (4/3/2024).

Dalam pelatihan itu, para guru juga diajarkan langkah demi langkah, cara memberikan pengajaran kepada para siswa didiknya, dalam mengajar menggambar dan mewarnai, untuk tingkat Taman-kanak-kanak (TK) dan Kelompok Belajar (Kober).

Kadrana Ismail, praktisi seni sekaligus narasumber dalam kesempatan tersebut mengatakan, dirinya dalam pelatihan ini, mengajarkan tentang materi cara menggambar dan mewarnai, untuk siswa TK.

Menurut Kadrana, dengan materi yang disampaikannya itu, diharapkan nantinya bisa dipraktekkan oleh para guru, ketika mendampingi para siswa disekolahnya masing-masing, dalam pelajaran menggambar dan mewarnai.

” Tadi saya berikan materi menggambar ragam hias,” kata Kadrana.

Ragam hias yang disampaikan dalam pelatihan tadi, kata Kadrana, yaitu ragam hias berupa ikan. Ia menyebut, bahwa gambar ikan, merupakan materi garis lengkung. Yaitu lengkung kebawah dan atas.

Garis lengkung ini, kemudian dihias dan diberikan ornamen, serta pewarnaan yang cukup mencolok. Karena menurut Kadrana, untuk siswa tingkat TK dan Kober, warna yang mencolok merupakan warna favorit.

“Tadi, para guru sudah mulai berani bermain warna. Semoga materi ini, bisa memudahkan para guru dalam mengajar menggambar dan mewarnai,” ujar Kadrana.

Mutiarawati, salah satu peserta pelatihan menggambar dari PAUD Khaerunnisa Kanci, mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power, yang sudah membuat kegiatan pelatihan menggambar, untuk para guru PAUD.

Menurut Mutiara, materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi para guru, terutama untuk mempermudah menjelaskan pelajaran menggambar dan mewarnai bagi para siswa. Ia mengaku akan mempraktekkan materi yang sudah didapatkan, untuk mengejar disekolahnya.

” Kegiatannya sangat bermanfaat. Saya ucapkan terima kasih kepada Cirebon Power. Insya Allah materi yang didapatkan pada kegiatan ini, akan dipraktekkan di sekolah nanti,” kata Mutiara.

Sementara itu, penanggungjawab Perpustakaan Cirebon Power, Mese Romdhonah mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan ini, memang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru TK, dalam hal mengajar pelajaran menggambar dan mewarnai.

Pihaknya juga ujar Mese, mendatangkan praktisi seni, agar bisa memberikan materi kepada para guru, terkait teknik mudah dalam memberikan materi pelajaran menggambar dan mewarnai.

” Kegiatan ini, bertema Teknik efektif mengajar mewarnai dan menggambar, cinta teknologi ramah lingkungan,” kata Mese.

Dengan digelarnya pelatihan ini, Mese berharap, para guru nantinya bisa lebih mudah dalam memberikan materi pelajaran menggambar kepada para siswa, sehingga nantinya para siswa bisa mengikuti dengan baik materi tersebut.

” Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 29 guru TK, yang berada disekitar Pembangkit Cirebon Power,” ujar Mese.***

TiketFest