Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Akhir Tahun Ini, Gedung BAT jadi Museum Sekaligus Ritel Modern

108
×

Akhir Tahun Ini, Gedung BAT jadi Museum Sekaligus Ritel Modern

Sebarkan artikel ini
Gedung BAT, di akhir tahun ini akan dijadikan museum dan ritel modern. Foto: Googlemap

CIREBON – Di tahun 2024, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) didukung pihak terkait akan memanfaatkan Gedung British American Tobacco (BAT) yang berada di Wilayah Kecamatan Lemahwungkuk dengan menjadikan gedung itu sebagai museum dan ritel modern.

“Mengingat kepemilikan gedung cagar budaya BAT tersebut saat ini di bawah tangan pihak swasta. Pengelolaan nantinya akan bekerjasama dengan pihak swasta,” ungkap Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, Jumat (23/2/2024).

Menurut Agus, pemilik gedung BAT sekarang masih terus berproses melakukan revitalisasi cagar budaya yang akan dijadikan destinasi wisata yang memadukan konsep sektor industri kreatif dan ritel.

“Kami rencanakan pembukaan gedung BAT sebagai destinasi wisata industri kreatif dan ritel ini akan dimulai pada akhir tahun 2024, sekira November atau Desember,” jelasnya.

Agus mengungkapkan, pemanfaatan gedung itu bertepatan juga di tahun ini momentum berusia 100 tahun.

“Pembukaan kembali gedung BAT umum ini bertepatan dengan usia bangunan yang genap menginjak 100 tahun atau 1 abad,” jelasnya.

Agus menambahkan, dibukanya kembali gedung BAT sebagai destinasi wisata. Pihaknya berharap bisa menambah pilihan destinasi wisata Cirebon. Sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara.

“Ditahun ini kami menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Lalau lihat tren dari angka kunjungan, semakin tahun naik dengan indikator dari PAD (Pendapatan Asli Daerah) di tiga sektor yakni hotel, restoran dan hiburan,” ucapnya.*

TiketFest