Scroll untuk baca artikel
Berita

Alun-alun Pataraksa Cirebon Diresmikan, Bupati dan Wabup Minta Warga Jaga Kebersihan

279
×

Alun-alun Pataraksa Cirebon Diresmikan, Bupati dan Wabup Minta Warga Jaga Kebersihan

Sebarkan artikel ini
Pemotongan pita peresmian Alun-alun Pataraksa oleh Bupati Cirebon Imron dan Wakil Bupati Wahyu Tjiptaningsih dan seluruh unsur Forkopimda setempat, Jumat (10/11/2023). Foto: Dialog/Sarrah

CIREBON– Bertepatan dengan Hari Pahlawan ke 78 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon bersama unsur Forkopimda setempat meresmikan Alun-alun Pataraksa, Sumber, Jumat (10/11/2023).

Peresmian ikon baru Kabupaten Cirebon tersebut dimulai dengan apel peringatan Hari Pahlawan ke-78, kemudian dilanjut pemotongan pita oleh Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih.

Peresmian Alun-alun Pataraksa disambut sangat meriah oleh masyarakat setempat yang berada di sekitar Sumber.

Bupati Cirebon Imron mengatakan, kehadiran Alun-alun Pataraksa diharapkan dapat menjadi sarana hiburan sekaligus pendorong roda perekonomian masyarakat.

“Sebelumnya bertepatan dengan Hari Pahlawan ke 78, yuk sama-sama merenungkan jasa para pahlawan demi negara Indonesia ini. Kemudian, bertepatan dengan hari pahlawan ini semoga alun-alun pataraksa dapat bermanfaat menghibur masyarakat dan roda perekonomiannya,” kata Imron.

Selain itu, kata Imron, poin penting dari kehadiran alun-alun ini adalah sama-sama menjaga kebersihan.

“Adanya alun-alun ini menjadi tanda bahwa kita ada taman untuk kreasi bagi orang-orang dan yang paling penting untuk menjaga kebersihan,” ucapnya.

Artinya, kata Imron, Alun-alun Pataraksa sudah cukup baik hanya tinggal maintanance ke depan, dan pembangunan taman maupun hutan kota lainnya.

“Kita akan menganggarkan setiap tahunnya untuk maintanance tapi harus didukung dengan masyarakat juga untuk menjaga dan merawat alun-alun pataraksa ini,” ujarnya.

“Sekarang juga hutan kota kita perbaiki supaya bisa dinikmati orang-orang, dan di belakang BKPSDM ada lahan 11 hektare lahan itu ada rencana juga tapi memang belum ada akses jalan dan beberapa fasilitas penunjang lainnya,” tambahnya.

Menambahkan, Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih pun turut menyampaikan hal serupa dengan Bupati Cirebon Imron.

“Semoga Alun-alun Pataraksa yang dibangun melalui banprov menjadi ikon kabupaten Cirebon yang dapat terpelihara dengan baik oleh masyarakat setempat,” katanya.

Akrab disapa Ayu, ia mengungkapkan seberapa pentingnya kehadiran alun-alun pataraksa yang menjadi ikon baru Kabupaten Cirebon.

“Kalau kita melihat bahwa sesungguhnya masyarakat Cirebon sendiri butuh hiburan yang gratis ya seperti itu, jadi ya kita buat taman bermain juga untuk anak-anak,” paparnya.

“Apalagi kan, masyarakat kita memang butuh hiburan yang tidak dipungut bayaran dan disisi lain menambah keindahan kabupaten Cirebon,” tutupnya.

Mengakhiri rangkaian Hari Pahlawan, seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon melanjutkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cakrabuana.*(adv/Sarrah).

TiketFest