Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Cegah Stunting, Pemdes Bodesari Distribusikan PMT

273
×

Cegah Stunting, Pemdes Bodesari Distribusikan PMT

Sebarkan artikel ini
Ilustasi. Foto: Pixabay

CIREBON- Dalam upaya mencegah stunting pada balita, Pemerintah Desa (Pemdes) Bodesari, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon mendistribusikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita dan ibu hamil, Senin (2/10/2023).

PMT sendiri merupakan program yang dilaksanakan secara rutin melalui program pemberdayaan masyarakat pada bidang kesehatan.

“Kami menyasar anak yang berpotensi stunting dan ibu hamil, ini merupakan salah satu upaya pencegahan dan prevelensi stunting di desa agar Desa Bodesari bebas stunting untuk seterusnya,” Kata Kuwu Bodesari Surana, Senin (2/10/2023).

“Untuk saat ini sendiri Alhamdulillah, kami sudah bebas stunting sudah zero stunting,” tambahnya.

Pemberian makanan tambahan ini, lanjutnya, guna mencegah Balita yang ada di desa termasuk di desa Bodesari yang berpotensi stunting.

“Jadi sudah bebas tapi kami ingin anak-anak kami sehat dan gizinya tercukupi,” ujarnya.

Paket PMT ini diberikan kepada balita dan ibu hamil setiap 3 bulan sekali dalam setahun.

“PMT ini diberikan selama 3 bulan dalam 1 tahun yang isinya susu dan vitamin agar dapat dikomsumsi oleh ibu hamil dan balita berpotensi stunting untuk menerima bantuan PMT,” paparnya.

Bekerja dengan Puskesmas setempat pihak Pemdes setidaknya terdapat puluhan ibu hamil dan anak berpotensi stunting yang diberikan bantuan PMT.

“Kami Pemdes Bodesari memberikannya sesuai dengan mekanisme yang ada dan bekerjasama yang baik dengan pihak puskesmas khususnya bidan desa dan kurang lebih terdapat 40an anak dan ibu hamil yang mendapat bantuan untuk saat ini,” kata Surana.

Surana berharap, lewat PMT ini balita sebagai generasi muda dan penerus desa, dapat tumbuh dengan baik dan dapat menjadi generasi unggul di desa pada masanya.

“Sesuai dengan program pemerintah pusat termasuk juga arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon dalam hal penanganan dan pencegahan stunting kami Pemdes sangat serius tangani stunting agar anak-anak kami kelak menjadi generasi penerus bangsa yang unggul,” pungkasnya.*(Sarrah)

TiketFest