Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Cek di Sini, Tujuh Petahana Anggota DPR RI dari Dapil VIII Jabar Diprediksi Melenggang Lagi ke Senayan

355
×

Cek di Sini, Tujuh Petahana Anggota DPR RI dari Dapil VIII Jabar Diprediksi Melenggang Lagi ke Senayan

Sebarkan artikel ini
Formud Cirebon Raya saat rilis data perolehan suara caleg DPR RI Dapil VIII Jabar. Foto: Rilis Formud

CIREBON – Tujuh dari sembilan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) VIII Jawa Barat hampir dipastikan kembali melenggang ke Senayan untuk periode 2024-2029.

Kendati proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 masih berlangsung di tingkat kecamatan, namun hasil penghitungan cepat berdasarkan form model C hasil di tingkat TPS sudah menunjukkan gambaran hasilnya.

Setidaknya hal itu bisa terlihat dari hasil rekapitulasi yang dilakukan Forum Muda untuk Demokrasi (Formud) Cirebon Raya terhadap perolehan suara hasil Pileg DPR RI di Dapil VIII Jabar yang meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Indramayu.

Koordinator Formud Cirebon Raya, Tri Sutrisno mengatakan, pihaknya turut melakukan proses rekapitulasi perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Dapil VIII Jabar. Langkah itu sebagai upaya untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berjalan.

“Kami melakukan rekapitulasi berdasarkan form model C hasil di tiap TPS. Sehingga diharapkan memiliki akurasi yang tinggi,” ungkap Tri dalam keterangannya, Kamis (22/2/2024).

Pihaknya juga mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu kabupaten/kota di Dapil VIII Jabar yang telah menunjukkan komitmennya melaksanakan Pemilu ini dengan sangat baik. Sehingga proses pemungutan dan penghitungan suara bisa berjalan lancar.

“Dan saat ini kami menghormati proses rekapitulasi suara yang sedang berjalan di tingkat kecamatan. Ada yang sudah rampung, ada pula yang masih berjalan,” katanya.

Tri menjelaskan, berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan pihaknya dengan cakupan 91 persen TPS yang ada di Dapil VIII Jabar, komposisi caleg terpilih sudah bisa tergambar dengan sangat jelas.

Saat ini, Partai Golkar masih menduduki peringkat pertama dengan perolehan 391.470 suara. Kemudian peringkat kedua PDI Perjuangan mendapat 376.108 suara. Disusul Partai Gerindra di posisi ketiga dengan perolehan 275.002 suara.

Pada posisi keempat, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 271.495 suara. Selanjutnya, untuk posisi kelima ada Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan perolehan 152.459 suara.

Kemudian pada peringkat keenam, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 136.368 suara. Sedangkan Partai Demokrat menempati peringkat ketujuh dengan perolehan 131.901 suara.

“Setelah kita coba hitung pembagian kursi dengan metode Sainte Lague, hanya ada 7 partai yang akan dapat kursi DPR RI dari Dapil VIII Jabar ini. Tidak berubah dari komposisi hasil Pileg 2019,” kata Tri.

Senada dikatakan Ketua Bidang Analisis Data Formud Cirebon Raya, Muhammad Faisal. Dia mengatakan, dari penghitungan pembagian kursi DPR RI berdasarkan metode Sainte Lague, Partai Golkar dan PDI Perjuangan akan mendapatkan dua kursi.

“Sedangkan lima partai politik yang masuk daftar tertinggi hanya mendapat masing-masing satu kursi DPR RI dari Dapil Jabar VIII,” katanya.

Berikut ini daftar Caleg DPR RI Dapil Jabar VIII yang diprediksi bakal melenggang ke Senayan hasil Pileg 2024:

  1. H. Daniel Mutaqien Syafiudin ST (82.791 suara) Partai Golkar
  2. Prof Dr Ir H Rokhmin Dahuri MSi (84.164 suara) PDI Pejuangan
  3. Kardaya Warnika (58.518) Partai Gerindra
  4. H. Dedi Wahidi (81.204) PKB
  5. H. Satori (64.995) Partai Nasdem
  6. Dr. Hj. Netty Prasetiyani MSi (57.646) PKS
  7. Dr. Ir. H. E. Herman Khaeron MSi (68.133) Partai Demokrat
  8. Dave Akbarshah Fikarno (73.541) Partai Golkar
  9. Hj. Selly Andriany Gantina AMd (55.823) PDI Perjuangan.

Dari 9 caleg tersebut, persis hanya Rokhmin Dahuri dan Daniel Mutaqien yang bukan berstatus sebagai petahana anggota DPR RI. Sedangkan 7 lainnya merupakan anggota DPR RI yang saat ini masih menjabat.

“Perolehan suaranya pasti berubah karena rekapitulasi masih dilakukan sampai 100 persen, di samping juga menunggu rekapitulasi resmi KPU. Tapi kecenderungan komposisinya hampir pasti tidak akan berubah,” katanya.*** (Rls)

TiketFest