Scroll untuk baca artikel
CirebonBerita

Daop 3 Cirebon Sediakan Angkutan Motis Bagi Penumpang Kereta Api

131
×

Daop 3 Cirebon Sediakan Angkutan Motis Bagi Penumpang Kereta Api

Sebarkan artikel ini
Program motis yang ada di Stasiun Cirebon, Selasa (19/3/2024). Foto: Daop 3 Cirebon
Program motis yang ada di Stasiun Cirebon, Selasa (19/3/2024). Foto: Daop 3 Cirebon

CIREBON – KAI Daop 3 Cirebon mendukung program angkutan motor gratis (motis) yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, motis merupakan program tahunan untuk masyarakat yang akan mudik.

“Nantinya motor penumpang kereta api tersebut dikirim menggunakan kereta api secara gratis,” katanya, Selasa (19/3/2024).

Dirinya melanjutkan, program motis tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan kendaraan roda dua saat perjalanan mudik.

“Program tersebut sudah dibuka sejak 4 Maret 2024 sampai dengan 18 April 2024, baik secara online maupun melalui posko,” lanjutnya.

Ia menuturkan, masyarakat dapat menikmati layanan tarif hanya Rp. 10 ribu apabila penumpang KA Motis Utara berangkat atau naik dari Stasiun Cilegon dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan, namun akan dikenakan tarif Rp. 20 ribu apabila berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan.

“Demikian pula untuk penumpang KA Motis Tengah yang berangkat/naik dari Stasiun Pasar Senen dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan dikenakan tarif Rp. 10 ribu, namun akan dikenakan tarif Rp. 20 ribu apabila berhenti atau turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan,” tuturnya.

Zainul mengungkapkan, para penumpang kereta api dapat mendaftar pada website mudikgratis.dephub.go.id.

“Pendaftar juga harus menyiapkan KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga dan STNK serta besaran motor adalah kurang dari 200 CC, sedangkan untuk layanan verifikasi dari pendaftar online dan menerima pendaftar manual dilayani dari pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB,” ungkapnya.

DJKA Kemenhub sendiri menyiapkan kapasitas angkut motor sebanyak 870 unit perhari yang terdiri dari 232 unit motor untuk Lintas Utara, 464 unit motor untuk Lintas Tengah dan Lintas Selatan sebanyak 174 unit motor perhari.

“Sehingga untuk total jumlah motor yang dapat diangkut untuk 14 hari pelaksanaan sebanyak 12.180 unit motor,” tutupnya.***

TiketFest