Scroll untuk baca artikel
Bisnis

GIP-2023, Kadin Kota Cirebon Siap Gugah Industri dan Pariwisata Jawa Barat

264
×

GIP-2023, Kadin Kota Cirebon Siap Gugah Industri dan Pariwisata Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Pers conference GIP-2023 di Kantor Kadin Kota Cirebon, Jumat (13/10/2023). Dok. Hasan/Dialog Indonesia

CIREBON– Industri di Jawa Barat adalah salah satu provinsi penopang yang sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan Jawa Barat sebagai provinsi dengan pertumbuhan tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

Agar pertumbuhan ekonomi Jawa Barat terus bertahan atau meningkat harus diimbangi dengan perkembangan teknologi perekonomian global. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Kamar Dagang dam Industri (Kadin) Kota Cirebon Dra. Ismayasari, MM. AChFP.

Atas hal tersebut, kata Ismayasari, Kadin Kota Cirebon akan menggelar beberapa event yang dapat meningkatkan lagi gairah di dunia industri, khususnya bagi Kota Cirebon.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Tahun Kadin Indonesia diadakan rangkaian event bernama Gebyar Industri dan Pariwisata 2023 (GIP-2023) pada 25 Oktober 2023 ini,” ucapnya, Jumat (13/10/2023).

Ia mengungkapkan, tujuan digelarnya GIP-2023 adalah menciptakan jejaring baru untuk pengembangan pasar bagi industri, memberikan informasi berharga tentang pentingnya teknologi untuk industri, memberikan edukasi solusi seputar isu tekno industri yang menjadi masalah utama di Indonesia, memperkenalkan destinasi wisata sekitar Cirebon sebagai ajang promosi pariwisata, mendukung pemerintah meningkatkan pendapatan daerah yang berkelanjutan.

“Manfaatnya, mendapatkan ilmu dan informasi baru yang memungkinkan bisa diterapkan di perusahaan industri dengan memakai pendekatan teknologi, dapat meningkatkan citra perusahaan di mata perusahaan lainnya, berpeluang mendapatkan jaringan bisnis, mengenal destinasi Cirebon Raya, dapat meningkatkan pendapatan daerah,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana GIP-2023, Abdul Rozak menjelaskan, jenis kegiatan dalam GIP tersebut antara lain, Kadin Business Forum, Kadin Business Showcase, Kadin Tourism Explore, Kadin Sharing dan Caring Program seperti donor darah, konsultasi kesehatan, santunan anak yatim.

“Untuk peserta terdiri dari perwakilan perusahaan industri se-Jawa Barat, peserta terdiri dari perwakilan perusahaan pendukung seperti perbankan, BI, Telkom, perusahaan transfortasi dan lainnya. Peserta terdiri dari para undangan institusi, lembaga, asosiasi dan organisasi terkait,” jelasnya.

Pihaknya berharap, GIP-2023 mudah-mudahan berhasilbmendapatkan kepercayaan dari para pelaku usaha industri dan pihak terkait dan dapat sejalan dengan program pemerintah pusat dan daerah.

Sektor perdagangan, perindustrian dan pariwisata diyakini dapat meningkatkan pendapatan daerah, sehingga sektor ini sangat penting untuk ditingkatkan efektifitas dan efisiensinya melalui pengembangan teknologi yang selalu berubah dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perolehan pendapatan, mampu menghasilkan nilaitambah tinggi, berdaya saing global.

“kami berharap apa yang akan dilakukan dapat memberikan banyak manfaat dan kemajuan khususnya di bidang ekonomi di Jawa Barat dan sekitarnya,” tandasnya.*

TiketFest