Scroll untuk baca artikel
Berita

KSAD Resmi Dijadikan Warga Kehormatan Masyarakat Osing Banyuwangi

391
×

KSAD Resmi Dijadikan Warga Kehormatan Masyarakat Osing Banyuwangi

Sebarkan artikel ini
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan istri foto bersama dengan Ketua Ada Osing dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani usai pengukuhan warga kehormatan masyarakat Osing di Banyuwangi, Jatim. Rabu (23/8/2023). (Foto: Dok. Humas Pemkab Banyuwangi)

BANYUWANGI – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, secara resmi diangkat menjadi warga kehormatan masyarakat Osing saat mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu malam (23/8).

Dilansir dari ANTARA, Kamis (24/8/23) gelar warga kehormatan diberikan kepada Jenderal Dudung oleh Tokoh Masyarakat Osing, Hasan Basri. Prosesi penganugerahan gelar ini dilakukan dengan memberikan udeng, penutup kepala khas Masyarakat Osing.

“Ini adalah anugerah yang kami terima, dan kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tanda kehormatan ini sendiri memiliki kriteria-kriteria yang harus kami jaga.” kata Jenderal Dudung

Dalam maklumat pengukuhan sebagai warga kehormatan yang sebelumnya diumumkan, terdapat empat kriteria khas Masyarakat Osing: patriotis, terbuka, kesetaraan (egaliter), dan cinta terhadap warisan leluhur.

Dengan pengangkatannya sebagai warga kehormatan masyarakat Osing, Jenderal Dudung mengakui bahwa TNI Angkatan Darat juga menjadi bagian dari masyarakat Osing. Dia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga martabat dan reputasi baik masyarakat Osing Banyuwangi.

“Langkah ini juga mencerminkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, di mana prajurit diharapkan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan turut serta dalam pembangunan daerah. Sampaikan juga perkembangan yang positif di Banyuwangi agar dapat dijadikan contoh oleh wilayah lain,” kata Jenderal Dudung.

Pada kesempatan tersebut, istri KSAD Dudung juga diberikan gelar warga kehormatan masyarakat Osing dengan penanda berupa selendang batik khas Banyuwangi oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Maklumat pengukuhan sebagai warga kehormatan tersebut diumumkan oleh Tokoh Masyarakat Osing sekaligus Ketua Dewan Kesenian Blambangan Banyuwangi, Hasan Basri.

“Kami percaya Jenderal Dudung akan menjaga kehormatan Banyuwangi, terutama masyarakat Osing, dan membawa kebaikan bagi semua orang,” ujar Hasan.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengapresiasi perhatian Jenderal Dudung terhadap masyarakat adat Osing di Banyuwangi. Ia berharap hal ini dapat semakin meningkatkan rasa cinta Jenderal Dudung terhadap Banyuwangi dan semangatnya dalam membangun daerah.

“Semoga ini semakin memperkuat rasa cinta Jenderal Dudung terhadap masyarakat Banyuwangi, di mana pun beliau berada,” ujar Bupati Ipuk.***

TiketFest