Scroll untuk baca artikel
BeritaBisnis

Lewat Familiarization Trip, Wisata Kabupaten Cirebon Dikenalkan

291
×

Lewat Familiarization Trip, Wisata Kabupaten Cirebon Dikenalkan

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat memperkenalkan destinasi unggulan Kabupaten Cirebon kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, Malaysia.

Pengenalan destinasi unggulan melalui Familiarization Trip ke kawasan Cirebon Raya (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka) dan Kota Bandung selama 4 (empat) hari, dari tanggal 7-10 Juni 2024.

Fungsional Adytama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda Disparbud Jabar, Sastie Yustia mengatakan, pihaknya ingin mempromosikan potensi wisata yang ada di Cirebon Raya.

Salah satu alasannya adalah, Cirebon Raya menjadi alternatif tujuan wisata di Jawa Barat selain Pangandaran, Bandung Raya dan Bogor Raya.

“Di Cirebon Raya ini selain memiliki keindahan alam, kawasan ini juga memiliki beragam keunikan seni, budaya dan sejarah,” kata Sastie, Minggu (9/6/2024).

Ia mengungkapkan, tujuan familiarization trip ini adalah untuk mempromosikan dan juga mengenalkan destinasi wisata, karena famtrip ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan destinasi unggulan wisata di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Cirebon.

“Familiarization trip ini mengajak para peserta dari Malaysia, yang terdiri dari jurnalis, influencer, travel agent, maskapai penerbangan dan KJRI Penang,” ungkapnya.

Di Kabupaten Cirebon ini, lanjut Sastie, pihaknya sudah memperkenalkan destinasi unggulan Kabupaten Cirebon, diantaranya adalah mengunjungi wisata kuliner (empal gentong) dan kerajinan batik.

“Malaysia ini merupakan target pasar utama wisatawan untuk ke Kabupaten Cirebon. Apalagi, beroperasinya Bandara Kertajati yang melayani rute Kuala Lumpur Malaysia, saya yakin Kabupaten Cirebon akan jadi tujuan wisata Malaysia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi dan Ekonomi Kreatif Pariwisatan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon, Achmad Bayu Suradilaga, S.Par mengatakan, familiarization trip dengan Malaysia ini sudah kali ketiganya hadir di Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, saat ini yang masih menjadi keunggulan Kabupaten Cirebon adalah wisata batik dan kuliner.

“Semoga kedepannya dengan peningkatan variasi dan kualitas daya tarik wisata, beserta kualitas pelayanan kepada wisatawan yang ada saat ini, objek wisata di Kabupaten Cirebon akan menjadi target kunjungan wisatawan mancanegara,” ujar Bayu.***(via)

TiketFest