Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Marak Kasus Perundungan, SMP Negeri 1 Kota Cirebon Edukasi Para Siswa

416
×

Marak Kasus Perundungan, SMP Negeri 1 Kota Cirebon Edukasi Para Siswa

Sebarkan artikel ini
Siswa SMP Negeri 1 Kota Cirebon sedang berkumpul di lapangan setelah edukasi bullying, Senin (2/10/2023). Foto: Dialog Indonesia/Sakti

CIREBON – Maraknya kasus perundungan atau bullying yang menimpa anak-anak membuat seluruh stakeholder berusaha melakukan pencegahan.

Pencegahan perundungan anak tersebut dilakukan juga di SMP Negeri 1 Kota Cirebon.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Cirebon, Lilik Agus Darmawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan pencegahan sebelum maraknya kasus bullying.

“Kita ada pamflet stop bullying kita uga sudah sebar sebelum maraknya kasus bullying tersebut, karena sedang marak tadi juga kita bekerjasama dengan Polsek Utara Barat untuk melakukan edukasi tentang pencegahan perundungan,” katanya, Senin (2/10/2023).

Dirinya melanjutkan, pihaknya juga sudah memberikan edukasi melalui guru-guru untuk selalu saling menghargai sesama manusia.

“Kita juga selalu melakukan koordinasi dengan orang tua siswa, setiap hari Jumat pada minggu keempat kita selalu ada kelas inspiratif, itu merupakan wadah bagi sekolah dan orang tua murid untuk menceritakan kondisi anaknya,” lanjutnya.

Ia meyakini permasalahan bullying harus ditanggulangi secara bersama-sama baik sekolah, orang tua, dan juga masyarakat.

“Kita juga ada yang namanya bagian bimbingan konseling, itu bukan untuk anak-anak yang dihukum, tapi untuk wadah bagi anak-anak yang ingin curhat,” tuturnya.

Lilik menjelaskan, tak hanya bagian konseling saja, akan tetapi wali kelas juga terbuka untuk mendengar keluh kesah anak.

“Jadi jangan takut untuk bercerita, saya juga mendapati anak-anak yang dengan dengan gurunya, itu sangat penting bagi anak, diluar mungkin tidak bisa bercerita tentang masalah pribadinya tapi di guru bisa cerita,” tutupnya.*(Sakti)

TiketFest