Scroll untuk baca artikel
Travel

PHRI: Tingkat Hunian Kamar Hotel di Cirebon Meningkat, tapi Tidak Signifikan

198
×

PHRI: Tingkat Hunian Kamar Hotel di Cirebon Meningkat, tapi Tidak Signifikan

Sebarkan artikel ini
Ketua PHRI Cirebon, Imam Reza Hakiki. Dok: Dialog/Hasan

CIREBON – Tingkat hunian atau okupansi kamar hotel di Cirebon baik kota maupun kabupaten, sepanjang tahun 2023 terhitung mengalami peningkatan, namun tidak terlalu signifikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki.

“Tahun ini alhamdulillah ada kenaikan dari tahun sebelumnya, tapi bisa dikatakan belum signifikan kenaikannya, kalau dirata-rata sepanjang tahun,” ungkap Kiki sapaan akrabnya, Rabu (27/12/2023).

Kiki mengungkapkan, kenaikan tersebut didorong adanya sejumlah kegiatan berskala nasional yang digelar di Kota Cirebon sejak awal hingga akhir tahun ini.

“Ya banyak sekali tahun ini kegiatan berskala nasional di gelar di Kota Cirebon, di hotel-hotelnya juga ada kegiatan, seperti kegiatan olahraga juga sering digelar yang berskala nasional, ditambah rapat-rapat seperti musyawarah nasional sejumlah organisasi itu dilaksanakannya di Cirebon,” kata Kiki.

Untuk waktu-waktu tertentu, lanjut Kiki, seperti libur panjang, hunian kamar hotel ada peningkatan. Ia mencontohkan di momen Natal 2023 kemarin, kamar hotel yang ada di Cirebon Kota maupun kabupaten kenaikannya bisa mencapai 90 persen.

“Long weekend Natal kemarin, teman-teman hotel ada yang kenaikan (okupansi) naik 90 persen bahkan hampir menyentuh 100 persen,” ujarnya.

“Mudah-mudahan tahun depan pariwisata Kota Cirebon mulai lebih ramai,” pungkas Kiki.*

TiketFest