Scroll untuk baca artikel
Berita

Polisi Masih Selidiki Asal Api yang Menyebabkan Kebakaran Hotel di Jaksel

368
×

Polisi Masih Selidiki Asal Api yang Menyebabkan Kebakaran Hotel di Jaksel

Sebarkan artikel ini
Salah satu korban kebakaran berhasil dievakuasi oleh petugas Gulkarmat saat kebakaran di salah satu hotel, Melawai, Jakarta Selatan, Jumat (18/8/2023). (Foto: ANTARA/HO-Gulkarmat Jaksel)

JAKARTA – Polres Jakarta Selatan masih terus melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi asal api yang menjadi penyebab kebakaran hotel di Melawai, Jakarta Selatan pada Kamis (17/8) malam.

“Saat ini sedang dalam tahap pengolahan untuk mengidentifikasi sumber api, bagaimana api muncul,” ungkap Wakil Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Henrikus Yossi, bersama tim dari Laboratorium Forensik Mabes Polri di Markas Polres Jakarta Selatan yang dikutip dari ANTARA, Senin (22/8/23)

Yossi menjelaskan bahwa kebakaran ini mengakibatkan lima korban, di antaranya tiga korban meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka-luka.

“Total ada tiga korban yang meninggal, dengan inisial HM, NA, dan RA. Sementara dua korban luka-luka adalah FR dan ND. Semua korban berusia dewasa,” jelasnya.

Yossi juga menjelaskan bahwa tim dari Laboratorium Forensik telah mengambil sampel barang-barang dan sisa-sisa dari kebakaran di tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami mengumpulkan bukti mulai dari abu, keterangan saksi-saksi, dan mencari titik awal munculnya api. Setelah hasil dari laboratorium keluar, baru kita bisa memastikan apakah titik awal api benar-benar dari situ,” terangnya.

Selain itu, tim dari Laboratorium Forensik juga melakukan pemeriksaan terhadap situasi gedung hotel.

“Kami mengkaji akses masuk dan keluar, sistem pemadam kebakaran, apakah ada alat pemadam api ringan (APAR), dan berbagai hal lainnya. Semua ini menjadi bagian dari proses penyidikan perkara ini,” tambah Yossi.

Sebelumnya, Kepolisian Sektor Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, masih menunggu hasil dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polri untuk mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi di hotel di Melawai, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/8) malam.

“Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, karena yang memiliki wewenang untuk menentukan penyebabnya bukan hanya pemadam kebakaran, melainkan Laboratorium Forensik,” kata Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Tribuana Seno, saat dihubungi di Jakarta pada hari Jumat.

Tribuana juga telah memeriksa beberapa saksi, termasuk pemilik hotel, resepsionis, dan karyawan hotel, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kebakaran tersebut.

Kebakaran terjadi di alamat Jalan Panglima Polim V No.2 RT.01 RW.05, Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.***

TiketFest