Scroll untuk baca artikel
Berita

PT KAI Pastikan Jalur Kereta di Bandung Sudah Bisa Dilalui Pascakecelakaan

142
×

PT KAI Pastikan Jalur Kereta di Bandung Sudah Bisa Dilalui Pascakecelakaan

Sebarkan artikel ini
Kereta Api Cikurai dengan relasi Garut-Pasar Senen saat ujicoba jalur di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah aman untuk dilalui pada Sabtu (6/1/2024). ANTARA/Rubby Jovan.

BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan jalur kereta api di lokasi kecelakaan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka sudah dapat dilalui pascakecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB.

Manajer Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanepi mengatakan, jalur tersebut telah dinyatakan aman untuk dilalui.

“Sudah bisa normal kembali, semua KA baik itu KA lokal maupun KA jarak jauh untuk keberangkatan dari Bandung maupun dari Kiaracondong,” kata Ayep dikutip dari ANTARA, Sabtu (6/1/2024).

Hingga saat ini, kata Ayep, pihaknya masih terus membatasi kecepatan kepada kereta api yang lewat pada jalur tersebut dengan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.

“Selanjutnya barusan juga lewat KA pertama KA Cikurai relasi Garut-Pasar Senen pukul 08.56 WIB dengan puncak kecepatan 20 kilometer per jam, alhamdulilah bisa aman dilalui,” kata dia.

PT KAI akan berusaha secepatnya memulihkan jalur agar perjalanan KA dapat kembali normal.

Ayep menambahkan, meski jalur tersebut sudah bisa dilalui, masih terdapat sejumlah KA yang terdampak perjalanannya akibat pola operasi yang diubah oleh PT KAI imbas dari kecelakaan ini.

“Kereta-kereta dari timur saat ini masih melakukan pola operasi memutar karena saat ini berada di wilayah Cirebon maupun wilayah Cikampek, tinggal menunggu kedatangan ke Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong,” katanya.

PT KAI, menurut dia, sudah memberikan kompensasi kepada para penumpang dengan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pesan apabila penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya.

Sebelumnya, KA Turangga tujuan Surabaya-Bandung mengalami tabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Akibat kejadian ini, dilaporkan korban meninggal yang sudah teridentifikasi sejumlah empat orang dan jumlah korban luka sebanyak 37 orang serta tidak ada korban jiwa dari pihak penumpang.

Korban meninggal terdiri dari satu orang Masinis, satu orang Asisten Masinis, satu orang Petugas Keamanan Dalam Stasiun Cimekar, serta satu orang Prama KA Turangga.*

TiketFest