Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Sah! TikTok Shop Indonesia dan GoTo Resmi Jalin Kerja Sama

181
×

Sah! TikTok Shop Indonesia dan GoTo Resmi Jalin Kerja Sama

Sebarkan artikel ini
Arsip foto - Salah satu konten kreator yang sedang promosikan produknya di platform Tiktok. Foto: Dok. Dialog Indonesia

JAKARTA- PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk., ekosistem digital terkemuka di Indonesia, secara resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan platform hiburan TikTok. Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, dengan fokus pada pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dalam keterangan pers yang dikutip Senin, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah Tokopedia, dan TikTok akan memiliki pengendalian terhadap platform Tokopedia. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan oleh Tokopedia.

TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp23,4 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Ini diharapkan dapat memperluas manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM Indonesia.

Kemitraan ini memberikan keuntungan bagi Tokopedia dan GoTo dengan membuka akses ke pasar yang lebih luas melalui layanan keuangan digital GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga akan menerima pendapatan dari Tokopedia seiring dengan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Kerja sama ini akan dimulai dengan periode uji coba yang mendapat konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Mereka akan meluncurkan kampanye “Beli Lokal” pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Kampanye “Beli Lokal” akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, mempromosikan berbagai produk dari pedagang lokal, dengan fokus pada produk asli Indonesia. Tujuan utamanya adalah mendukung para pelaku UMKM dengan program komprehensif, dukungan pemasaran, promosi produk, hingga ekspansi pasar internasional.

Dengan penggabungan bisnis, lebih dari 90 persen pedagang adalah pelaku UMKM. Dukungan diberikan melalui program promosi, peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM, pembukaan pusat pengembangan talenta digital, dan memastikan persaingan yang adil.

Transaksi diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024, seiring dengan upaya Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan memperluas cakupan pasar. Untuk memastikan kelancaran transisi, akan dibentuk komite yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan perwakilan Tokopedia dan TikTok.

Goldman Sachs akan bertindak sebagai penasihat keuangan untuk grup GoTo dalam kemitraan ini.*

TiketFest