Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Ada Acara Apa saja di Hari Jadi 597 Cirebon, Simak di Sini

239
×

Ada Acara Apa saja di Hari Jadi 597 Cirebon, Simak di Sini

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Cirebon akan merayakan hari jadinya yang ke – 597 pada 1 Muharram atau tanggal 7 Juli 2024 mendatang.

Serangkaian kegiatan akan memeriahkan hari jadi kota yang dijuluki kota wali tersebut mulai dari tanggal 1 Juli 2024.

Penjabat Walikota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, pada hari jadi ke 597 terserah Kota Cirebon mengambil tema Kota Cirebon Mukti Lan Mulya Selawase.

“Tema ini menggambarkan kekayaan kisah dan pengalaman Kota Cirebon dalam lini masa sejarah, selain itu juga kita mengusung tagline yaitu Cirebon Guyub,” katanya, Senin (1/7/2024).

Dirinya melanjutkan, tagline Cirebon Guyub sendiri merupakan representasi semangat bekerja sama dan gotong royong dalam pembangunan Kota Cirebon.

“Ini dilakukan guna menggugah semangat toleransi dan gotong royong pada peringatan hari jadi Cirebon dan seterusnya kompak dalam pembangunan Kota Cirebon,” lanjutnya.

Dalam rangkaian hari jadi Cirebon tersebut dimulai dari tanggal 1 – 14 Juli yaitu Cirebon Great Sale pada pusat perbelanjaan di Kota Cirebon.

Pada tanggal 2 Juli akan ada kegiatan donor darah yang berlokasi di Bank Indonesia Cirebon.

Pada tanggal 5 Juli akan ada olahraga bersama di Balaikota Cirebon, lalu tanggal 6 sampai dengan 7 Juli akan ada konkurs nasional seni suara alam burung perkutut bertempat di Argasunya.

Pada tanggal 6 Juli juga akan ada shalat ashar berjamaah, ziarah makam Sunan Gunung Jati, dan Pagelaran Wayang Kulit di Kantor Kelurahan Kejaksan.

Untuk puncak hari jadi Cirebon sendiri akan dilaksanakan tanggal 7 Juli dengan upacara di Alun-alun Kejaksan, namun hanya dibatasi untuk 150 orang.

Setelah upacara akan dilanjutkan dengan kirab prosesi, lalu rapat paripurna hari jadi Cirebon.

Tanggal 8 Juli akan ada pembacaan babat Cirebon yang bertempat di Keraton Kanoman Cirebon.

Pada tanggal 10 – 14 Juli akan ada festival kuliner dan seni budaya Minang yang bertempat di Grage Mall.

Selain festival kuliner Minang, pada tanggal 12 – 14 Juli akan ada festival kuliner jalur rempah yang hadir di Cirebon Waterland.

Tanggal 12 juga akan ada festival milm kampung yang hadir di Vihara Dewi Welasasih.

Pada tanggal 14 Juli akan ada seminar manuskrip dan Jabar Run 10K, dilanjut keesokan harinya ada HUT Koperasi dan sarasehan.

Tak kalah dengan yang lainnya, pada tanggal 19 – 21 Juli akan ada bazar UMKM di CSB Mall, dan tanggal 24 Juli akan ada job fair di Grage City Mall.

Pada tanggal 27 Juli juga akan ada Open House Balaikota Cirebon dimana masyarakat bebas untuk berkunjung ke Balaikota Cirebon, dan sore harinya akan ada Bancakan yang bertempat di Balaikota Cirebon.***(Sakti)

TiketFest