Scroll untuk baca artikel
Berita

Buka Festival Desa Wisata di Sedong, Bupati Minta Kembangkan Potensi di Tiap Desa

313
×

Buka Festival Desa Wisata di Sedong, Bupati Minta Kembangkan Potensi di Tiap Desa

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Festival Destinasi Desa Wisata 2023 di Sedong, Sabtu (21/10/2023). Foto: Diskominfo

CIREBON– Bupati Cirebon meminta semua kepala desa untuk dapat mengembangkan potensi yang ada di desanya masing-masing. Hal tersebut disampaikan Imron saat membuka Festival Destinasi Desa Wisata Kecamatan Sedong 2023, di Desa Kertawangun, Kecamatan Sedong, Sabtu (21/10/2023).

Dijelaskan Imron, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pengembangan potensi wisata. Salah satunya adalah meningkatnya perekonomian masyarakat.

“Dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat serta komunitas dan kearifan lokal, saya kira merupakan sebuah solusi yang bagus. Sehingga, dengan dikembangkannya desa wisata ini, dari segi ekonomi dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, sedangkan dari segi sosial dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan, dan meningkatkan kepedulian masyarakat. Dengan pengelolaan desa wisata yang terintegrasi diharapkan seluruh potensi masing-masing kawasan dapat berkembang sesuai karakteristiknya dan menerapkan prinsip sapta pesona,” ujar Imron.

Dijelaskan bupati, Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam, seni budaya dan produk kreatif yang khas serta ditunjang dengan industri pariwisata yang representatif dan semakin inovatif.

Keadaan ini tentunya menjadi peluang bagi kita untuk secara kreatif berkarya dalam memajukan kabupaten cirebon, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Destinasi Desa Wisata Kecamatan Sedong 2023,” tambahnya.

Festival Destinasi Desa Wisata ini, lanjutnya, merupakan sebuah even yang diselenggarakan dengan mempresentasikan dan menonjolkan potensi desa wisata di Kecamatan Sedong, yaitu Desa Panambangan, Desa Kertawangun, Desa Sedong Lor dan Desa Windujaya.

Kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan berbagai tampilan kesenian persembahan desa wisata, talkshow milenial, ragam perlombaan dan workshop kepada kelompok sadar wisata dengan memanfaatkan potensi alam sekaligus untuk memviralkan potensi desa wisata di media sosial agar menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Kegiatan Festival Destinasi Wisata ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata kabupaten cirebon sekaligus mewujudkan event kepariwisataan yang telah dijadikan agenda tahunan dan berupaya menjadikan kabupaten cirebon sebagai daerah tujuan wisata melalui keindahan dan daya tarik desa wisata,” tutupnya.*(rls/adv).

TiketFest