Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Diduga Hendak Tawuran, Polresta Cirebon Amankan Belasan Remaja di Jamblang dan Talun

261
×

Diduga Hendak Tawuran, Polresta Cirebon Amankan Belasan Remaja di Jamblang dan Talun

Sebarkan artikel ini

CIREBON– Tim patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon mengamankan sejumlah remaja yang hendak tawuran di Kecamatan Jamblang dan Talun, Minggu (31/12/2023) sekira pukul 2 dini hari.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon mengamankan sejumlah remaja yang diduga hendak tawuran.

Remaja yang berhasil diamankan di Kecamatan Jamblang, dengan terduga pelaku sebanyak 4 orang berinisial PE, MU, IB, dan RA yang rata-rata berusia 13-17 tahun.

“Kami juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu bilah pedang, tiga batang bambu, dan satu unit handphone. Sehingga keempat terduga pelaku berikut seluruh barang bukti langsung diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolresta Cirebon,” katanya.

Ia mengatakan, di Kecamatan Talun, sedikitnya terdapat delapan remaja yang diduga hendak tawuran yang berhasil diamankan Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon.

Remaja yang diduga hendak tawuran tersebut berinisial JU, TE, DI, VO, NU, MA, RA, dan BI, yang rata-rata masih berusia 13 – 18 tahun.

Pihaknya juga turut mengamankan barang bukti berupa satu bilah pedang, satu bilah celurit, dan satu unit sepeda motor yang langsung diamankan ke Mapolresta Cirebon untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut berikut para terduga pelaku tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, 12 remaja yang diamankan rata-rata tercatat sebagai warga Kecamatan Jamblang, dan Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Patroli tersebut sebagai upaya pencegahan terjadinya hal yang tidak diinginkan, baik siang, sore, ataupun malam,” ungkap Arif.

Pasalnya, patroli semacam itu merupakan langkah preventif yang dilaksanakan Polresta Cirebon rutin dari mulai siang, sore, dan malam untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman, dan kondusif.

“Tentunya besar harapan patroli ini dapat mencegah tindak kriminalitas di Kabupaten Cirebon,” tutur Arif.

Adapun sasaran dari Tim Raimas Macan Kumbang 852 Patroli adalah geng motor, premanisme, peredaran dan penyalahgunaan narkoba maupun miras, knalpot bising, serta kejahatan jalanan lainnya yang meresahkan masyarakat.

Dalam patroli tersebut, petugas turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan selalu mewaspadai setiap kejadian kriminalitas di sekitar masyarakat.

Menurutnya, patroli tersebut juga merupakan respon cepat terhadap aduan masyarakat di media sosial mengenai ancaman pelaku kejahatan di wilayah Kabupaten Cirebon.

Oleh karena itu, pihaknya pun melibatkan personel gabungan dari Polsek jajaran dan dibackup Satsamapta Polresta Cirebon.

“Kami pastikan Polresta Cirebon dan Polsek jajaran tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas dan tindakan keras kepada para pelaku kejahatan yang melakukan aksi kriminalitas di Kabupaten Cirebon. Sehingga situasi kamtibmas juga dapat terjaga secara aman, nyaman, dan kondusif,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon untuk mengamankan malam pergantian tahun di wilayah Kabupaten Cirebon.

Penyiagaan tersebut sebagai upaya Polresta Cirebon untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas termasuk menghadapi kegiatan yang dapat menimbulkan gesekan, seperti tawuran atau aktivitas geng motor.*(sarrah)

TiketFest