Scroll untuk baca artikel
Cirebon

DKM Puser Bumi Gunung Jati Bareng PAMACI Peringati Isra Miraj

113
×

DKM Puser Bumi Gunung Jati Bareng PAMACI Peringati Isra Miraj

Sebarkan artikel ini
Peringatan Isra Miraj di Masjid Puser Bumi Gunung Jati Cirebon, Sabtu (10/2/2024) malam. Dok: Dialog/Hasan

CIREBON – DKM Puser Bumi Gunung Jati menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Masjid Puser Bumi (Syekh Nurjati Datul Kahfi), Jalan Raya Cirebon-Indramayu, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Sabtu (10/2/2024) malam.

Hadir dalam peringatan tersebut, Ketua Pembina DKM Masjid Puser Bumi, Aulia Priandana Sukandar, Ketua DKM Puser Bumi Pangeran Mochammad Awaludin, Sekretaris DKM Masjid Puser Bumi, Dani Mardani dan ratusan masyarakat. Sementara tausiyah Isra Miraj disampaikan KH. Farid MZ dari Buntet Pesantren.

Penyelenggraan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini bekerjasama dengan organisasi massa (ormas) tertua di Cirebon yaitu Paguyuban Masyarakat Cirebon (PAMACI) di bawah pimpinan Aulia Priyandana Sukandar yang biasa dipanggil Abah Anom sebagai ketua umum.

Usai peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Sultan Kanoman Xll Sultan Muhamad Saladin mengatakan, sesungguhnya peristiwa Isra Miraj merupakan bagian penting yang harus diketahui bukan hanya sekilas informasi tetapi dibahas secara rinci oleh KH. Farid MZ dari Buntet Pesantren.

“Peringatam Isra Miraj ini tidak lepas untuk memperdalam keimanan kita, apalagi dalam perkembangan waktu ini Islam dianggap monoton. Padahal Islam sangat modern apalagi ditambah dengan kemajuan zaman yang modern harusnya Islam bisa lebin baik,” pungkas Sultan Saladin.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris PAMACI, Reza Ari Wibowow menjelaskan, sebagai ormas tertua di Cirebon yang selama ini vacum, saat ini akan diaktifkan kembali dengan dibentuknya pengurus baru sebagai perwujudan dari masyarakat Cirebon.

“Yang semula hanya berorientasi kegiatan pada seni dan budaya Cirebon, saat ini seiring perkembangan zaman maka orientasi PAMACI akan mengalami metamorfosa ke segala bidang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Lanjut Reza, kelahiran kembali PAMACI di bawah kepemimpinan Aulia Priyandana Sukandar (Abah Anom) diwarnai dengan regenerasi pengurus yang sebagian besar berusia muda yang diharapkan menjadi penerus untuk lebih mencintai seni dan budaya Cirebon serta mengawal pembangunan dan membawa kemajuan di Wilayah Cirebon.

“PAMACI dengan pengurus sebagian besar generasi muda sekarang di bawah kepemimpinan Aulia Priyandana Sukandar diharapkan dapat mengulangi keberhasilan seperti pada zamannya yang sempat menggaung hinggake mancanegara,” ujar Reza.

Terkait peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Masjid Puser Bumi Gunung Jati, dikatakannya, kegiatan ini merupakan kegiatan PAMACI yang bersifat religius dan berkearifan lokal yang kental dengan budaya Cirebon yang merupakan Kota Wali sesuai dengan ruh dari PAMACI yang bernafaskan religius dan budaya Cirebon.

“Acara ini pun sekaligus soft launching PAMACI pengurus baru. Nanti grand lauchingnya dikabarin,” kata Reza.

Reza menambahkan, PAMACI mengajakan kepada seluruh masyarakat Cirebon yang telah mempunyai hak pilih dalam Pemilu 2024 nanti agar dapat melaksanakannya dengan mendatangi TPS pada 14 Februari 2024 yang akan datang dengan tertib, aman, jujur dan adil.***

TiketFest