Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Ducting Kabel di Kota Cirebon Diminta Segera, Minimal Jalan Protokol

137
×

Ducting Kabel di Kota Cirebon Diminta Segera, Minimal Jalan Protokol

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon  sudah mendorong pembuatan ducting bersama untuk menuntaskan permasalahan kabel udara yang semakin banyak.

Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, pemerintah Kota Cirebon sendiri sudah membuat peraturan daerahnya tentang penyelenggaraan utilitas kabel.

“Kita sudah dorong sebetulnya perdanya sudah ada, baik di Perda telekomunikasi dan juga perda utilitas kabel,” katanya, Selasa (11/6/2024).

Dirinya melanjutkan, memang peraturan daerah tersebut harus diturunkan dalam peraturan lebih teknis di peraturan kepala daerah dan peraturan walikota.

“Sebetulnya dalam penyelenggaraan perda telekomunikasi kita sudah berdiskusi salah satu opsinya menugaskan salah satu BUMD sebagai penyelenggara ducting bersama,” lanjutnya.

Ia menuturkan, pendekatannya nanti bisa business to business, nantinya BUMD bersama dengan provider melakukan perikatan.

“Nanti bisa buat perjanjian kapan nantinya harus turun, tapi ternyata sampai sekarang perkasanya belum selesai, saya pernah mendapatkan laporan tapi belum sampai pada hal yang teknis,” tuturnya.

Agus menginginkan, mulai dari perencanaan, evaluasi, sampai dengan pemantauan dapat aturan yang jelas.

“Barangkali mendorong yang ada kabel diatas untuk turun secara bertahap, misalnya masih ada kontrak kita beri waktu,” ungkapnya.

Dirinya meminta untuk peraturan kepala daerah tersebut selesai pada tahun 2024 ini, dan sudah diimplementasikan.

“Akhir tahun ini harus selesai, perkada maupun implementasinya, ya minimal di beberapa titik dahulu misalnya jalan-jalan protokol dibuatkan ducting,” paparnya.

Masih kata Agus, nantinya dikenakan sewa terhadap alokasi badan jalan yang dipakai untuk ducting.

“Paling setengah meter, idealnya memang di bawah trotoar akan tetapi kan kalau membuat ducting di nawah trotoar lebih repot bukanya jadi di samping,” tutupnya.***(Sakti)

TiketFest