Scroll untuk baca artikel
CirebonBerita

Grup RS Siloam Gelar Simposium Medis “Advancing Patient Care through Minimal Invasive Techniques” di Cirebon

160
×

Grup RS Siloam Gelar Simposium Medis “Advancing Patient Care through Minimal Invasive Techniques” di Cirebon

Sebarkan artikel ini
Simposium medis bertajuk "Advancing Patient Care through Minimal Invasive Techniques" di Luxton Hotel Cirebon, Sabtu (2/3/2024). Foto ; Dialog/Hasan
Simposium medis bertajuk "Advancing Patient Care through Minimal Invasive Techniques" di Luxton Hotel Cirebon, Sabtu (2/3/2024). Foto ; Dialog/Hasan

CIREBON – Grup RS Siloam menggelar simposium medis bertajuk “Advancing Patient Care through Minimal Invasive Techniques” di Luxton Hotel Cirebon, Sabtu (2/3/2024).

Simposium ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mendiskusikan perkembangan terbaru dalam teknik minimal invasive surgery, khususnya dalam bidang urologi dan saluran pencernaan (digestif). Acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 75 spesialis, dokter, dan tenaga medis lainnya. Hal itu dikatakan Referral Regional 1 Head Grup RS Siloam, dr Angela Halim.

“Simposium ini menyajikan beragam topik seputar bedah minimal invasif dalam bidang urologi dan digestif yang merupakan hasil kolaborasi dari 3 RS Siloam, yakni RS Siloam ASRI, RS Siloam Kebun Jeruk, dan RS Siloam Putera Bahagia Cirebon,” jelasnya.

Topik-topik tersebut, lanjut dr Angela, antara lain ’Tindakan Minimal Invasif pada Bidang Urologi’ yang dibawakan oleh dr. Kiagus Ferry Febrian Qosasi, Sp.U dari RS Siloam Putera Bahagia Cirebon, ’Komprehensif Manajemen di Asri Uronefrologi Center’ yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr. Nur. Rasyid, Sp.U(K) dari RS Siloam ASRI; ’Gallstone, Management and Minimal Invasive Therapy’ yang dibawakan oleh dr. Dimas Aryo Kusumo, M.Si.Med, Sp.B-KBD dari RS Siloam Putera Bahagia Cirebon, dan ‘Role of Advanced Endoscopy in GI Diseases’ yang dibawakan oleh dr. Hasan Maulahela, Sp.PD-KGEH dari RS Siloam Kebun Jeruk.

“Persebaran dokter di Indonesia masih belum merata, oleh karena itu pelayanan kesehatan berjenjang yang komprehensif menjadi sangat penting. Grup RS Siloam memiliki 41 rumah sakit yang tersebar di 30 kota di Indonesia sehingga kami memiliki peran untuk mendukung pemerintah dalah menerapkan kesehatan berjenjang,” ujarnya.

Menurut dr Angela, simposium ini selenggarakan untuk mendukung peningkatan wawasan para dokter di Indonesia terkait prosedur bedah minimal invasif yang dapat dilakukan oleh Grup RS Siloam dan mengingatkan kembali pentingnya memulai diagnosis dan perawatan di tingkat primer sehingga fasilitas kesehatan primer dapat merujuk pasien yang membutuhkan perhatian lebih lanjut ke fasilitas kesehatan yang lebih komprehensif.

Hingga kini, RS Siloam ASRI telah berhasil melakukan lebih dari 350 tindakan transplantasi ginjal secara bedah minimal invasif dengan rata-rata tingkat keberlangsungan hidup pasien sebesar 98 persen pada tahun pertama.

RS Siloam Kebun Jeruk juga memiliki fasilitas untuk tindakan gastric baloon untuk pasien obesitas.***

TiketFest