Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Hari Jadi ke-597, Ada Bancakan Cirebon Makan Bareng di Balai Kota, Catat Tanggalnya

275
×

Hari Jadi ke-597, Ada Bancakan Cirebon Makan Bareng di Balai Kota, Catat Tanggalnya

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Hari Jadi ke-597 Cirebon, 1 Muharram 1446 Hijriah atau jatuh pada 7 Juli 2024 mendatang. 

Guna menyebarluaskan agenda yang sudah disiapkan, Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengajak awak media untuk turut serta menginformasikan kegiatan-kegiatan tersebut. 

Ketua Pelaksana Hari Jadi Cirebon yang juga Pj Sekda Kota Cirebon, M. Arif Kurniawan menyampaikan, rangkaian Hari Jadi ke-597 Cirebon sudah dilakukan sejak bulan Mei 2024 dengan adanya Cirebon Festival dan berbagai kegiatan lainnya sebagai pre event. 

Kemudian di bulan Juli, ada banyak rangkaian kegiatan lainnya seperti Cirebon Great Sale, Gelar Trisula Budaya Sarumban, Bancakan Cirebon, hingga Festival Anak Muda. 

“Di tanggal 7 Juli mendatang, perayaan dimulai dengan upacara Hari Jadi Cirebon, prosesi agung, rapat paripurna, peresmian Museum Topeng Cirebon, dan malam puncak Hari Jadi Cirebon,” jelas Pj Sekda, Senin (1/7/2024). 

Ia menjelaskan, terdapat acara Bancakan Cirebon. Kegiatan itu berupa makan bersama-sama dengan masyarakat Cirebon. “Nanti acaranya itu digelar sore hari di Balai Kota Cirebon, digelar tanggal 27 Juli 2024,” ucapnya. 

Untuk diketahui, tema Hari Jadi Cirebon Ke-597 adalah “Kota Cirebon Mukti Lan Mulya Selawase”. Tema ini menunjukkan kekayaan kisah dan pengalaman Kota Cirebon dalam lini masa sejarah. 

Setiap cerita yang telah dilalui oleh segenap elemen masyarakat yang hidup di Kota Cirebon tentu saja menjadi pengalaman batin yang kuat dan menjadikan kecintaan kepada kota ini menjadi sangat lekat.

Sementara untuk tagline Hari Jadi Cirebon Ke-597 yaitu “Cirebon Guyub” yang merupakan representasi atas semangat dan karekteristik masyarakat dalam keterlibatan pembangunan.

“Setiap pencapaian yang diraih sampai di titik ini diikat oleh satu komitmen bersama. Proses panjang ini tidak mungkin dapat berjalan sebagaimana mestinya apabila tidak dibarengi dengan komitmen dari masing-masing pihak untuk melaksanakan perannya dengan maksimal,” lanjut Pj Sekda.***

TiketFest