Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Jalankan Program P5, Siswa SMAN 5 Cirebon Usung Suara Demokrasi

357
×

Jalankan Program P5, Siswa SMAN 5 Cirebon Usung Suara Demokrasi

Sebarkan artikel ini
Program P5 di SMAN 5 Cirebon, bernuansa TPS untuk memilih Ketua OSIS, Kamis (23/11/2023). Dok: Dialog/Hasan

CIREBON – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Cirebon melaksanakan kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Kamis (23/11/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) tersebut mengusung tema “suara demokrasi”.

Ditinjau langsung Kepala SMAN 5 Cirebon, Iwan Agustiawan, penerapan kurikulum merdeka tersebut berlangsung penuh warna dan pesan tentang pembelajaran demokrasi sejak masa pendidikan.

Dalam kegiatan itu, siswa-siswi riil memilih pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2023-2024.

“P5 kali ini disatukan dengan pemilihan ketua OSIS, jadi pemungutan suara itu betul-betul riil, tapi ini suara pemilihan ketua OSIS,” ungkap Iwan.

Rangkaiannya, lanjut Iwan, sudah dimulai sejak dua pekan ke belakang. Mulai dari perekrutan calon pasangan ketua dan wakil ketua OSIS, kemudian penyampaian program pasangan calon, latihan dasar kepemimpinan.

“Ini P5 kejadiannya riil bukan simulasi, dan setelah pemungutan akan langsung dihitung suaranya,” katanya.

Dijelaskan Iwan lebih lanjut, TPS ada di setiap kelas dengan total ada 22 TPS dan semua TPS memiliki konsep masing-masing.

“Konsep atau tema setiap TPS berbeda, ada yang konsepnya Disneyland sampai Keramat, itu memang ada makna dan korelasinya dengan demokrasi itu sendiri,” ucapnya.

Iwan berharap, kegiatan tersebut menjadi kegiatan yang menjadi pembelajaran, pemahaman dan pengalaman yang cukup menarik bagi siswa siswi.

“Kita sebentar lagi akan bertemu dengan pesta demokrasi sesungguhnya, dengan kegiatan ini membuat siswa siswi tidak golput, karena golput bukan pilihan,” tandasnya.*

TiketFest