Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Kanwil DJP Jabar II Paparkan Capaian Pelaporan SPT Sepanjang 2023

419
×

Kanwil DJP Jabar II Paparkan Capaian Pelaporan SPT Sepanjang 2023

Sebarkan artikel ini
Pemaparan pencapaian kinerja kepatuhan pelaporan SPT di wilayahnya sepanjang tahun 2023, di Niri Cafe, Kota Cirebon, Kamis (7/3/2024). Foto: Dialog/Sarrah

CIREBON– Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat (Jabar) II memaparkan pencapaian kinerja kepatuhan pelaporan SPT di wilayahnya sepanjang tahun 2023, di salah satu kafe, Kota Cirebon, Kamis (7/3/2024).

Pemaparan itu disampaikan Ketua Kanwil DJP Jabar II Harry Gumelar pada agenda media gathering.

Harry dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, pada tahun 2023 pihaknya menargetkan penerimaan pajak di wilayah DJP Kanwil Jawa Barat II berdasarkan Perpres 75 tahun 2023 sebesar Rp 49,2 triliun.

“Capaian (penarikan pajak) kita tahun 2023 mencapai Rp 50,3 triliun atau 102,07 persen,” ujarnya.

Capaian tersebut, lanjutnya, berasal dari Pajak Penghasilan (PPH) sebesar Rp 23 triliun, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah sebesar Rp 26 triliun, PBB dan BPHTB sebesar Rp 160,774 miliar, Pendapatan PPh DTP sebesar Rp 89,168 miliar, dan Pajak lainnya sebesar Rp 249,564 miliar.

Ia menerangkan, penarikan pajak tersebut berasal dari unit kerja di wilayahnya yakni Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Kota Cirebon.

“Untuk wilayah Kabupaten Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Kota Cirebon itu lebih tinggi presentasenya 105,04 persen,” jelasnya.

Tercatat empat sektor kegiatan usaha yang memberi kontribusi dominan terhadap realisasi penerimaan yaitu sektor industri otomotif dan pendukungnya, pertambangan minyak bumi, sektor perdagangan besar dan eceran, sektor administrasi pemerintahan, pertanahan, dan jaminan sosial wajib pajak, dan sektor konstruksi sebesar.

“Apresiasi kepada para stakeholder khususnya wajib pajak yang telah melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar,” ungkapnya.***

TiketFest