Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

KPU Papua Siap Fasilitasi Pemilih Disabilitas di TPS

170
×

KPU Papua Siap Fasilitasi Pemilih Disabilitas di TPS

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi kotak suara. Foto: Pixabay

SENTANI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menegaskan akan memfasilitasi dengan baik para pemilih disabilitas saat melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) di daerahnya.

Ketua KPU Papua Steve Dumbon mengatakan, pihaknya mewajibkan setiap TPS di Kabupaten/kota menyiapkan fasilitas untuk para pemilih disabilitas, di antaranya yakni kursi roda.

“TPS harus menyiapkan kursi roda meski pada praktiknya tidak semua TPS bisa kita siapkan fasilitas pendukung semacam itu, tetapi yang sudah punya kursi roda sendiri bisa datang dan dibantu oleh petugas KPPS yang bertugas,” ungkapnya dikutip dari ANTARA, Jumat (12/1/2024).

Menurutnya, para pemilih disabilitas akan diutamakan lebih dulu dibandingkan pemilik suara normal.

“Kursi antrean satu, dua dan tiga itu milik disabilitas, sehingga walaupun mereka datang paling belakang tetap mereka di nomor antrean di depan, ini kita berikan untuk memberikan penghormatan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan,” katanya.

Dia menjelaskan keistimewaan itu diberikan kepada warga negara yang mempunyai keterbatasan sehingga pada Pemilu 14 Februari 2024 mereka pun ikut memberikan hak politiknya.

“Untuk memuluskan hal ini maka petugas KPPS akan diberikan diberikan bimbingan teknis mengenai fasilitas yang diberikan kepada penyandang disabilitas dalam memberikan hak politiknya,” katanya.

Dia menambahkan saat ini petugas KPPS di sembilan kabupaten/kota sedang diseleksi dan proses pelatihan akan berlangsung pada Kamis (25/1/2024).

“Setelah pelantikan itu barulah kita akan mengagendakan untuk dilakukan bimbingan teknis terhadap petugas KPPS, dan salah materi dalam bimbingan teknis itu menyangkut fasilitas untuk penyandang disabilitas,” kata dia.*

TiketFest