Lima Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme Menyambut HUT Ke-78 RI

Film "Soekarno". (ANTARA/HO-MVP Pictures/pri)

HIBURAN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, terdapat beberapa film inspiratif yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme. Film-film ini mengisahkan peristiwa bersejarah dan nilai-nilai patriotisme yang kuat di Indonesia.

Film-film tersebut membawa penonton pada perjalanan heroik, semangat gotong royong, serta cinta tak tergoyahkan terhadap tanah air. Berikut adalah beberapa film yang dirilis dalam 10 tahun terakhir dan bisa dijadikan pilihan untuk merayakan momen bersejarah kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya
  1. “Soekarno” (2013)

Film ini mengisahkan perjalanan hidup Presiden pertama Indonesia, Soekarno alias Bung Karno, saat berjuang memperoleh kemerdekaan. Semangat perjuangan Soekarno untuk melepaskan Indonesia dari belenggu penjajahan tercermin dengan kuat dalam film ini.

Dibintangi oleh Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, dan Agus Kuncoro, film ini, yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, memberikan gambaran mendalam tentang sosok Soekarno dan perannya dalam sejarah bangsa.

  1. “Buya Hamka Vol.1” (2023)

Film biografi ini mengangkat kisah kehidupan Abdul Malik Karim Abdulla, atau yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka, seorang ulama, sastrawan, dan wartawan yang berpengaruh pada masanya. Film ini membawa penonton melihat perjalanan hidup dan kontribusi besar Buya Hamka dalam memperkuat semangat keislaman dan kebangsaan.

Dengan pemeran utama Vino Bastian, Laudya Cynthia Bella, dan sejumlah aktor ternama lainnya, film ini diarahkan oleh sutradara Fajar Bustomi.

  1. “Kartini” (2017)

Film ini mengisahkan perjuangan pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan pada masa kolonial. “Kartini” mengilhami semangat kesetaraan dan keadilan yang terus relevan hingga saat ini.

Dengan sutradara Hanung Bramantyo di belakang layar, film ini menampilkan Dian Satsrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, dan Reza Rahardian sebagai pemeran utama.

  1. “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” (2015)

Film ini menceritakan tentang Tjokroaminoto, pendiri organisasi Budi Utomo yang memiliki peran penting dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda. “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” menggambarkan perjuangan dan keberanian tokoh ini dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Sutradara Garin Nugroho memilih aktor dan aktris ternama seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, dan Sujiwo Tedjo untuk membawa kisah ini ke layar lebar.

  1. “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” (2018)

Film ini mengangkat kisah perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo dari Kesultanan Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645 dalam melawan kolonialisme Belanda. “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” menggambarkan semangat keberanian dan tekad melindungi tanah air dari kolonialisme.

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini diperankan oleh Ario Bayu, Marthino Lio, Adinia Wirasti, dan sejumlah aktor lainnya.

Selain memberikan hiburan, menonton film-film ini juga membangkitkan semangat nasionalisme. Mari rayakan hari kemerdekaan dengan meningkatkan cinta dan rasa bangga terhadap Tanah Air melalui kisah-kisah inspiratif pahlawan dan tokoh hebat Indonesia.***

Pos terkait