Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Mahasiswa PMM UGJ Gelar Festival Kesenian, Hadirkan Sejumlah Kebudayaan

222
×

Mahasiswa PMM UGJ Gelar Festival Kesenian, Hadirkan Sejumlah Kebudayaan

Sebarkan artikel ini
Festival kesenian mahasiswa PMM di Auditorium Kampus 1 UGJ, Sabtu (20/1/2024). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar festival kesenian nusantara di Auditorium Kampus 1 UGJ, Sabtu (20/1/2024).

Rektor UGJ, Prof. Dr. H. Achmad Faqih, S.P., M.M mengatakan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari berbagai daerah.

“UGJ sendiri menerima sebanyak 30 mahasiswa dari luar pulau Jawa, dari 14 perguruan tinggi baik perguruan tinggi swasta maupun negeri,” katanya, Sabtu (20/1/2024).

Dirinya melanjutkan, kegiatan ini merupakan program dari Kemendikbud Ristekdikti, semua perguruan tinggi melakukan program pertukaran mahasiswa.

“Ini merupakan tahun ketiga bagi UGJ, mereka studi selama satu semester di UGJ dan akan dikonversi menjadi 20 SKS,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, tujuan dari program ini adalah memperkenalkan budaya, adat istiadat dan tradisi semua daerah di Indonesia.

“Kita berharap mahasiswa PMM ini mengenal budaya-budaya khususnya budaya Cirebon, mulai dari pernah berdirinya 4 kerajaan besar maupun adat istiadat lainnya,” ungkapnya.

Rektor menuturkan, mahasiswa PMM ini dapat menginformasikan kepada teman-temannya mengenai adat istiadat di Cirebon.

“Kedepannya tahun 2024/2025 kami akan menerima sebanyak 54 mahasiswa pertukaran pelajar,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, tak hanya menerima mahasiswa dari luar kota saja, UGJ juga mengirimkan mahasiswanya ke luar Pulau Jawa.

“Kita juga mengirimkan mahasiswa kami untuk berkontribusi dalam ranah pendidikan, pada batch pertama kami mengirimkan sebanyak 119 mahasiswa,” tutupnya.*(Sakti)

TiketFest