Scroll untuk baca artikel
Berita

Banyak Jalan Rusak, DPRD Minta Pemkot Cirebon Genjot Perbaikan Jalan

166
×

Banyak Jalan Rusak, DPRD Minta Pemkot Cirebon Genjot Perbaikan Jalan

Sebarkan artikel ini
Ruas Jalan Garuda Kota Cirebon yang memiliki banyak lubang, Jumat (8/12/2023). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – Permasalahan jalan menjadi salah satu pekerjaan rumah yang berlarut-larut untuk Pemerintah Kota Cirebon.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana mengatakan, jalan rusak sendiri menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh Pemkot Cirebon.

“Memang pembangunan dan pemeliharaan jalan sendiri sangat vital karena digunakan sebagai penghubung aktivitas masyarakat,” katanya melalui sambungan telepon, Senin (18/12/2023).

Dirinya melanjutkan, pemeliharaan jalan sendiri tahun ini terkendala karena adanya refocusing anggaran disebabkan beberapa hal yang perlu diantisipasi.

“Tapi alhamdulillah hal ini bisa diantisipasi oleh adanya pokok pikiran DPRD, yang salah satunya untuk membenahi jalan yang notabene nya belum tercover oleh pemerintah,” lanjutnya.

Ia menuturkan, untuk tahun depan sendiri, belum ada anggaran di-refocusing yang bisa dimanfaatkan untuk perbaikan jalan.

“Untuk jalan sendiri memang fokus pemerintah sudah kesana, bukannya tidak peduli, akan tetapi anggaran memang terbatas tahun depan kita fokus harus melakukan perbaikan jalan yang rusak,” tuturnya.

Ruri mengungkapkan, musim hujan sendiri dapat merusak kondisi jalan dan sistem drainase juga harus dibenahi.

“Untuk 2024 mendatang fokus utama adalah pencegahan banjir dan pemeliharaan jalan, kita sudah setujui usulan tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sub Koordinator Preservasi Jalan dan Jembatan DPUTR Kota Cirebon, Slamet Riyadi Umar mengatakan, pemeliharaan jalan sendiri baru melaksanakan perbaikan 3-4 bulan dari bulan Januari 2023 sampai dengan saat ini.

“Di pertengahan tahun kita belum menerima anggaran lagi, karena ada defisit dan lain sebagainya jadi kita tidak lakukan pemeliharaan,” katanya.

Dirinya melanjutkan, pemeliharaan yang sudah dikerjakan hanya ada 40 persen, yang sudah diperbaiki di antaranya Jalan Ciremai Raya, Jalan Mangga Raya, Jalan Pramuka, Jalan Angkasa, dan Jalan Situs Kalijaga.

“Pemeliharaan tersebut dikarenakan adanya rute BRT sesuai dengan perintah Wali Kota Cirebon yang menjadi prioritas,” lanjutnya.*(Sakti)

TiketFest