Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Mengenal Pahlawan Sapta Taruna Cikal Bakal Hari Bakti Pekerjaan Umum

182
×

Mengenal Pahlawan Sapta Taruna Cikal Bakal Hari Bakti Pekerjaan Umum

Sebarkan artikel ini
Perayaan Hari Bakti PU ke-78 bertempat di DPUTR Kota Cirebon, Senin (4/12/2023). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 dirayakan secara sederhana dan khidmat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon.

Kepala DPUTR Kota Cirebon, Rachman Hidayat mengatakan, rangkaian Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 sudah dilakukan dari satu minggu yang lalu.

“Kita lakukan beberapa kegiatan, diantaranya ada bersih-bersih sekitar kawasan stadion bima, jalan santai dan terakhir tadi ada upacara peringatan hari bakti pekerjaan umum,” katanya, Senin (4/12/2023).

Dirinya memaparkan Hari Bakti Pekerjaan Umum ditujukan untuk mengenang pahlawan Sapta Taruna PU yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

“Jadi pada tanggal 3 Desember 2023 terdapat penyerangan terhadap Gedung Sate Bandung oleh sekutu, yang saat itu hanya dijaga oleh 21 orang, dan 7 orang diantaranya hilang pada saat penyerangan tersebut,” paparnya.

Ke 7 orang pahlawan Sapta Taruna tersebut di antaranya, Mochtaroedin, Subengat, Rio Susilo, Soerjono, Soehodo, Rana, dan Didi Harianto Kamarga.

“Saat itu pekerja di Markas Departemen Pekerjaan Umum hanya menggunakan senjata biasa dan ketujuh orang tersebut hilang dalam pertempuran, dan pada tanggal 3 Desember 1951 Menteri Pekerjaan Umum Ukar Bratakusuma menetapkan 7 orang tersebut sebagai pahlawan Sapta Taruna,” ungkap Rachman.

Dirinya menuturkan, selain mengenang pahlawan Sapta Taruna PU, DPUTR juga melakukan pembersihan saluran air dan pengangkatan sedimentasi.

“Ini wujud pengabdian kami kepada masyarakat sekaligus dalam mengenang 7 pahlawan Sapta Taruna PU,” tutupnya.*(Sakti)

TiketFest