Scroll untuk baca artikel
BeritaDialog Pemilu

MK Putuskan TPS 62 Pegambiran PSU, KPU: Kami Siap 

131
×

MK Putuskan TPS 62 Pegambiran PSU, KPU: Kami Siap 

Sebarkan artikel ini
Pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kota Cirebon dari Gudang KPU Kota Cirebon ke PPK (Kecamatan), Kamis (8/2/2024). Foto: Dialog/Hasan

CIREBON – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 62 Kelurahan Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Berdasarkan hal tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Hasan Basri mengatakan, KPU siap menjalankan putusan tersebut. 

“Terkait dengan putusan MK sendiri KPU Kota Cirebon siap untuk melakukan pemungutan suara ulang yang ada di TPS 62,” katanya, Kamis (6/6/2024).

Dirinya melanjutkan, sementara untuk di TPS 14 Panjunan akan dilakukan penghitungan suara ulang.

“Kita juga menunggu arahan KPU RI terkait dengan pelaksanaan baik penghitungan suara maupun pemungutan suara ulang,” lanjutnya.

Ia menuturkan, untuk pemungutan suara ulang sendiri paling lama 30 hari sejak putusan tersebut diucapkan.

“Paling lama 30 hari, tapi kita menunggu arahan dari KPU pusat, apakah minggu depan atau kapan kita masih menunggu,” tuturnya.

Hasan menjelaskan, untuk persiapan penghitungan suara ulang akan dilakukan digudang logistik KPU Kota Cirebon.

“Adapun untuk yang PSU, kemungkinan besar kita akan merekrut ulang KPPS, adapun KPPSnya siapa ya nanti akan kita rekrut,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk TPS 62 Kelurahan Pegambiran sendiri, terdapat 245 daftar pemilih tetap (DPT).

“Untuk DPT sendiri masih menggunakan yang lama, kita berharap ada kehadiran dari masyarakat yang memilih,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, untuk surat suara sendiri nantinya akan disediakan oleh KPU RI dan kemungkinan hanya satu surat suara.

“Nanti akan disediakan KPU RI, karena kan kita sudah tidak punya lagi surat suara, jadi kita koordinasi dengan KPU RI,” tutupnya.***(Sakti)

TiketFest