Scroll untuk baca artikel
Dialog PemiluCirebon

Panwascam Lemahwungkuk: Putungsura Pemilu Berjalan Kondusif

100
×

Panwascam Lemahwungkuk: Putungsura Pemilu Berjalan Kondusif

Sebarkan artikel ini
Pengawasan yang dilakukan Panwascam Lemahwungkuk di TPS. Dok: Dokumentasi Panwas Lwk

CIREBON – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lemahwungkuk, Kota Cirebon menyampaikan, pengawasan pungut hitung suara (putungsura) Pemilu 14 Februari 2024 di Kecamatan Lemahwungkuk berlangsung kondusif dan aman.

“Putungsura di wilayah Lemahwungkuk lancar, kondusif dan aman, berkat kerja sama semua pihak,” ungkap Ketua Panwascam Lemahwungkuk, Rahmat Sapii didampingi anggotanya, Ryan Triadi Saputra dalam keterangan yang diterima, Sabtu (17/2/2024).

Dikatakan Rahmat, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang hadir tingkat partisipasi masyarakatnya mencapai 85,95 persen.

Untuk pilpres hasil hitung cepat mandiri Panwascam Lemahwungk, kata Rahmat, dilihat dari C hasil Capres Cawapres yang disetorkan pengawas TPS yakni Paslon 01 sebanyak 6.464 suara, Paslon 02 sebanyak 22.184 suara, Paslon 3 sebanyak 7.509 suara.

“Suara tidak sah ada 1.055 suara, jumlah suara sah dan tidak ada 37.690,” jelasnya.

Rahmat mengatakan, untuk pemilihan DPRD Kota Cirebon dDapil 2 yakni untuk perolehan suara masih didominasi oleh para petahana dan ada juga pendatang baru untuk memperebutkan 6 kursi di dapil 2.

“Terimakasih, kami selaku Panwascam kepada jajaran PKD dan PTPS yang sudah mengawal proses putungsura, tak lupa kepada jajaran staf Panwascam Lemahwungkuk juga diucapkan terimakasih karena suda membantu proses rekapitulasi mandiri dari aplikasi Siwaslu yang dilaporkan secara berjenjang hingga Bawaslu RI,” katanya.

Ia mengungkapkan, kendala atau hambatan yang terjadi pada saat hari pemungutan dan perhitungan suara di pertengahan waktu terdapat anggota PTPS yang sakit sehingga staff dan PKD melakukan pergantian tugas untuk menjadi pengawas TPS.

“Selain itu, saat hari pemungutan dan perhitungan suara masih banyak anggota KPPS dan PTPS yang kurang menguasai tugasnya secara utuh sehingga jajaran kami terus berkoordinasi dari pagi hari sampai dengan selesai pengiriman kotak suara terakhir didistribusikan ke kelurahan pukul 09.00 WIB,” ungkapnya.

Rahmat menerangkan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan bahan untuk rekapitulasi di tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan mulai Minggu 18 Februari 24 diantaranya C hasil PPWP, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD Kota Cirebon juga hasil pencermatan terkaitan pengawasan lapangan saat hari pemungutan dan perhitungan suara.*

TiketFest