Scroll untuk baca artikel
Berita

Pengobatan Gratis untuk Masyarakat, Konci Rianty Deteksi Dini Segala Penyakit di Pergantian Musim

146
×

Pengobatan Gratis untuk Masyarakat, Konci Rianty Deteksi Dini Segala Penyakit di Pergantian Musim

Sebarkan artikel ini
Pengobatan Gratis di wilayah Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan digelar oleh Konci Rianty, Selasa (21/11/2023). Dok : Tim Konci Rianty

CIREBON – Komunitas Pencinta Rinna Suryanti (Konci Rianty), bekerjasama dengan Sociamedic Clinic memberikan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk masyarakat, Selasa (21/11/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan guna mengantisipasi, dan deteksi dini dari berbagai potensi penyakit yang bisa menjangkit, di tengah kondisi cuaca yang sudah mulai memasuki perubahan musim, kondisi kesehatan masyarakat juga mulai menerima dampaknya.

Ditemui di lokasi kegiatan, Tokoh Komunitas Konci Rianty, Rinna Suryanti ST mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini berawal dari kekhawatiran, bahwa perubahan musim akan berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat.

Maka, pihaknya berinisiatif mendatangi masyarakat dan menghadirkan fasilitas pemeriksaan secara gratis.

“Kegiatan sosial Konci Rianty ini, kami harapkan, selain kami, ada komunitas lain yang juga bisa melakukan, sehingga pemeriksaan kesehatan lebih dekat dengan masyarakat,” ungkap Rinna.

Pada pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerjasama dengan Sosiamedic Clinic tersebut, kata Rinna, menjadi yang pertama kali digelar, yang hanya dibatas sampai 100 orang.

Namun ke depan, Rinna ingin ini menjari kegiatan yang rutin dilakukan, minimal satu kali dalam sebulan, di titik masyarakat yang berbeda.

“Peserta hari ini dibatasi 100 orang saja. Kedepan kami ingin menjadi rutin sebulan sekali, kalau hari ini di RW 08 Sukapura, kedepan di RW-RW lain,” kata Caleg PAN Kota Cirebon untuk Dapil I Kejaksan-Pekalipan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Sosiamedic Clinic, dr Yoan Purnomo Dewi mengatakan, beberapa hal yang umum dicek kemarin, mulai dari tensi darah, kadar gula, kolesterol hingga asam urat.

“Dicek hari ini, kondisi umum, ada cek suhu tensi, gula kolseterol dan asam urat,” ungkap dr Yoan.

Selain itu, ia juga membuka konsultasi, bagi masyarakat yang hasil cek kesehatannya melebihi kondisi normal, serta keluhan-keluhan yang dirasakan.

“Dan keluhan jika ada, kita menerima konsultasi,” kata dr Yoan.*

TiketFest