Scroll untuk baca artikel
Cirebon

PNM Cabang Cirebon Bentuk Klasterisasi Sektoral Pengolahan Hasil Laut

3198
×

PNM Cabang Cirebon Bentuk Klasterisasi Sektoral Pengolahan Hasil Laut

Sebarkan artikel ini
PNM Cabang Cirebon membentuk klasterisasi sektoral pengolahan hasil laut di Kantor Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (15/9). Dok. PNM

CIREBON – Sektor UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional. Dalam upaya meningkatkan peranan penting tersebut PT Permodalan Nasional Madani atau PNM membentuk klasterisasi sektoral pengolahan hasil laut di Kantor Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (15/9).

Klasterisasi tersebut diikuti oleh 25 peserta dengan sektor hasil laut wilayah Cirebon.

Tujuan dibentuknya klasterisasi hasil laut ini untuk meningkatkan pengetahuan mengenai diversifikasi produk dari hasil laut, terutama air sari pati ikan bandeng dan permintaan pasar internasional serta perubahan mindset dari sisi higienis serta wawasan mengenai perlindungan kecelakaan kerja.

Klasterisasi sektoral kali ini terbagi menjadi empat pelatihan yaitu pelatihan dasar, pelatihan pengemasan, pelatihan legalitas usaha, pelatihan pemasaran.

Pelatihan klasterisasi sektoral ini dihadiri oleh Camat Mundu, H. Anwar Sadat, Kuwu Mundu Pesisir, H. Khaerun, dan Pimpinan PNM Cabang Cirebon, Muhammad Komar.

”Dengan terbentuknya klasterisasi ini diharapkan PNM mampu mengembangkan seluruh sektor usaha yang berpontensi pada masing-masing daerah”, ungkap Pemimpin PNM Cabang Cirebon, Muhammad Komar.

Diketahui, hingga 31 Agustus 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 38,99 triliun kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14,7 Juta Nasabah.

Saat ini PNM memiliki 62 Cabang, 3.848 kantor unit layanan PNM Mekaar dan 642 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 Provinsi, 432 Kabupaten/Kota, dan 6.018 Kecamatan.(Adv)***

TiketFest