Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Prof Achmad Faqih Berharap Mahasiswa UGJ Bisa Ringankan Masalah Warga di Tempat KKN

123
×

Prof Achmad Faqih Berharap Mahasiswa UGJ Bisa Ringankan Masalah Warga di Tempat KKN

Sebarkan artikel ini
Pelepasan mahasiswa UGJ yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T). Foto: Dialog/Faizal

CIREBON – Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Prof. Dr. H. Achmad Faqih, S.P., M.M melepas 733 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T). Mereka akan ditempatkan di 7 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Achmad Faqih berpesan agar para mahasiswa bisa membantu permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kita akan tempatkan di Kabupaten Cirebon sebanyak 5 kecamatan dan di Kuningan terdapat 2 kecamatan. Saya berharap mereka dapat membantu permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, terutama permasalahan stunting yang mewujudkan zero stunting,” kata Prof Achmad Faqih, Selasa (30/1/2024).

Ia menuturkan, masih banyak masyarakat yang mengalami stunting terutama bermasalah di gizi buruk.

“Ini bisa mempengaruhi sumber daya manusia yang akan datang, dimana masih banyak dijumpai masyarakat yang mengalami gizi buruk,” tuturnya.

Rektor mengungkapkan, mahasiswa juga harus menghadapi masalah kemiskinan ekstrem.

“Selain itu mahasiswa juga harus menangani permasalahan UMKM, dimana mahasiswa harus bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas UMKM yang ada,” ungkapnya.

Masih kata Rektor, mahasiswa juga harus dapat meningkatkan pemasaran dari produk UMKM masyarakat lokal di sana.

“Ada juga permasalahan sampah, mahasiswa juga harus melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk memilah sampah dan mengelola sampah,” katanya.

Sementara itu, Camat Jalaksana Kabupaten Kuningan, Bagja Gumelar mengatakan, keterlibatan perguruan tinggi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut merupakan kepedulian yang sangat baik.

“Semoga lancar dan dapat membantu masyarakat,” tuturnya.*(Sakti)

TiketFest