Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

TJSL, PNM Kota Cirebon Resmikan Kampung Madani di Desa Mundu Pesisir

159
×

TJSL, PNM Kota Cirebon Resmikan Kampung Madani di Desa Mundu Pesisir

Sebarkan artikel ini
PNM Kota Cirebon saat meresmikan Kampung Madani di Mundu Pesisir, Kamis (21/12/2023). Dok: PNM

CIREBON – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cirebon meresmikan Kampung Madani di Desa Mundu Pesisir, Kamis (21/12/2023). Program tersebut merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Selain peresmian Kampung Madani, PNM Cirebon juga meresmikan ruang pintar, pemberian pengebor air minum, hingga pembiayaan usaha ibu-ibu pra sejahtera.

Pemimpin Cabang PNM Cirebon, Muhammad Komar menuturkan di dalam program Kampung Madani ini, PNM menghadirkan program ekonomi sosial, pendidikan, dan TJSL yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Dari segi ekonomi, PNM berperan dalam memberikan modal bagi para ibu-ibu pra sejahtera. Dimana mereka juga akan didampingi untuk bisa menggerakan ekonomi keluarga. “Ada 3 modal yang diberikan PNM yakni pembiayaan, modal intelektual, dan pelatihan,” tuturnya.

Sadar akan pentingnya pendidikan, PNM pun menghadirkan Ruang Pintar. Sehingga, saat para ibu bekerja, anak bisa tetap belajar di Ruang Pintar dengan pendamping. Ruangan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung mulai dari laptop, wifi, dan sarana prasarana belajar lainnya. “semoga fasilitas ini dapat bermanfaat bagi anak-anak di Mundu Pesisir,” terangnya.

Hadirnya Kampung Madani di Desa Mundu Pesisir ini menjadi Kampung Madani ke-17. Targetnya tahun depan PNM bisa meresmikan 45 Kampung Madani di Indonesia. Diharapkan hadirnya Kampung Madani di setiap daerah dapat membantu geliat ekonomi masyarakat yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan mereka. “Pemberdayaan dari sisi ekonomi ini kami lakukan dengan berbagai program seperti yang sudah berjalan di Mundu Pesisir yakni penanaman Mangrove, klasterisasi usaha hasil olahan laut, dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Mundu Pesisir, H Khaerun turut bersyukur dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PNM Cirebon. Diharapkan kolaborasi dan kerjasama isa terus dijalin untuk meningkatkan kesejahteraan warga. “Terimakasih atas kepedulian PNS selama ini pada Desa Mundu Pesisir, semoga kerjasama bisa terus terjalin erat,” tandasnya.*

TiketFest