Scroll untuk baca artikel
Berita

Zulkifli Hasan Sebut Erick Thohir Cocok Dampingi Prabowo untuk Pilpres 2024

585
×

Zulkifli Hasan Sebut Erick Thohir Cocok Dampingi Prabowo untuk Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan Peringatan HUT Ke-25 PAN, di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2023) malam. ANTARA/Fath Putra Mulya

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan pandangannya terkait potensi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang cocok mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024.

“”Pak Erick empati. Saya kenal lama, jiwanya merah putih. Oleh karena itu kami memang sudah lama untuk Indonesia yang perubahan cepat itu memang yang mendampingi cocok namanya Pak Erick Thohir,” kata Zulhas yang dikutip dari ANTARA, Selasa (29/8/23).

Zulhas juga memberikan apresiasi atas kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Ia mengamati bahwa pencapaian Timnas Sepakbola Indonesia yang luar biasa saat ini telah terbentuk di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

“Terima kasih kepada Pak Erick. PSSI kita luar biasa sekarang ini. Selamat juara dua (Piala AFF U23 2023). Enggak gampang juara dua,” tambah Zulkifli Hasan.

Dalam pidatonya, Zulhas juga mengeluarkan nama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden dari PAN yang mungkin akan mendampingi Prabowo.

“Saudara-saudara suka sama Pak Erick, enggak? Oke, enggak? Pak Erick ini saya kenal lama. Jadi calon wapres dari PAN? Pak Erick? Gimana? Dan Pak Muhadjir,” ujar Zulhas dihadapan kader PAN yang merespon dengan semangat.

Lebih lanjut, Zulhas juga membicarakan peran Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam konteks calon wakil presiden bagi Prabowo.

“Cak Imin gimana? Loh, Cak Imin yang pertama sama Pak Prabowo. Yang pertama, ‘bro’, mesti restu dari Cak Imin,” kata Zulhas yang disambut dengan gelak tawa dari para kader PAN.

Namun, Zulhas juga menyebut baik Cak Imin maupun Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki kualitas yang pantas untuk menjadi cawapres Prabowo.

“Loh gimana kalau semua usul? Saya percaya pada saatnya pada momentum yang tepat, kita ini bersaudara, kita ini berkeluarga,” tuturnya.

Zulhas meyakini bahwa partai-partai koalisi yang mendukung Prabowo akan mencapai kesepakatan mengenai calon wakil presiden. Menurutnya, partai-partai koalisi ini bersaing dalam kerangka kebaikan.

“Saya yakin dan percaya, pada saatnya kita akan ada momentum yang tepat untuk siapa sepakat nanti wakil beliau,” ungkap Zulhas.

Perayaan HUT Ke-25 PAN diadakan secara sentral di sebuah hotel bintang di Jakarta pada tanggal 28–29 Agustus 2023. Dalam rangkaian acara peringatan ini, diadakan pula sesi bimbingan teknis yang melibatkan calon anggota legislatif PAN dari berbagai provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para pemimpin partai, terutama yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Para ketua umum yang hadir meliputi Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus calon presiden Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra.***

TiketFest