Scroll untuk baca artikel
Berita

Agus Subiyanto Sebut Visinya Sebagai Panglima Ingin Jadikan TNI PRIMA

251
×

Agus Subiyanto Sebut Visinya Sebagai Panglima Ingin Jadikan TNI PRIMA

Sebarkan artikel ini
Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) menyapa wartawan sebelum uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI di Komisi I DPR RI, Jakarta, Senin (13/11/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

JAKARTA- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Agus Subiyanto, menyampaikan visi dan misinya sebagai calon panglima TNI di hadapan Komisi I DPR RI. Agus mengungkapkan bahwa visinya sebagai calon panglima adalah menjadikan TNI yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif (PRIMA).

“Saya memiliki visi TNI yang PRIMA, yaitu TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, dalam rangka membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya gempur guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara,” kata Agus saat menyampaikan visi dan misinya sebagai calon panglima TNI di hadapan Komisi I DPR RI yang dikutip dari ANTARA, Senin (13/11).

Agus Subiyanto menegaskan bahwa TNI yang profesional akan diwujudkan dengan memastikan para prajurit terlatih dengan baik dan dilengkapi dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang modern.

“Pemenuhan alutsista yang modern, perlengkapan peperangan, dan satuan dengan mempertimbangkan tipologi penugasan merupakan fokus pembinaan profesionalisme TNI,” kata Agus Subiyanto.

Kemudian, terkait visi TNI yang responsif, Agus menyinggung beberapa isu, seperti potensi konflik di Laut China Selatan, Papua, Pemilu 2024, dan bencana alam.

Terkait Papua, Agus mencanangkan pendekatan smart power, yaitu kombinasi antara hard powersoft power, dan diplomasi.

Hard power melalui siaga tempur untuk menghadapi kombatan dalam rangka penegakan hukum. Soft power dengan mendukung pelaksanaan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua. Pendekatan soft power tersebut sepatutnya dilakukan secara bersama-sama, bersinergi antara TNI dengan semua kementerian, lembaga, dan pemangku kepentingan terkait,” kata Agus.

Visi dan misi Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI itu merupakan rangkaian uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI. Usai uji kepatutan dan kelayakan tersebut, Komisi I mendalami visi dan misi yang disampaikan Agus.

Agus Subiyanto menjadi calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR RI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang purnabakti pada tanggal 26 November 2023.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan itu, Komisi I DPR RI mendalami visi dan misi calon panglima TNI serta menanyakan beberapa isu, di antaranya terkait pengamanan Pemilu 2024, netralitas TNI, dan isu terkait dengan Papua.

Sebelumnya, Agus Subiyanto dilantik sebagai kasad baru pada tanggal 25 Oktober 2023 untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti pada tanggal 19 November 2023.*

TiketFest