Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

Anies Baswedan Percaya Netralitas ASN, TNI, dan Polri Dijaga

131
×

Anies Baswedan Percaya Netralitas ASN, TNI, dan Polri Dijaga

Sebarkan artikel ini
Anies Baswedan saat berpidato pada forum Desak Anies. (ANTARA/HO-Dok Desak Anies)

MAKASSAR – Anies Baswedan mengaku percaya bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) beserta aparat penegak hukum TNI Polri akan menjaga netralitas pada Pemilu 2024.

Sebab, kata Anies, hal tersebut berdasar arahan Presiden Jokow Widodo (Jokowi).

“Seperti arahan bapak Presiden (Joko Widodo) bahwa ASN, TNI Polri mendapatkan arahan untuk netral. Netral itu tidak ada ongkosnya, kalau Intervensi malah ada ongkosnya,” kata Anies dikutip dari ANTARA, Rabu (17/1/2024).

Hal tersebut menyusul beredarnya video oknum ASN diketahui penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulsel yang viral diduga mengeluarkan penyataan mengarahkan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu saat kegiatan rembuk guru di kabupaten setempat hingga dilaporkan ke Bawaslu.

Begitu pula dugaan rekaman suara Bupati Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara yang diduga menginstruksikan jajaran untuk mendukung pasangan calon tertentu pada Pilpres, namun belakangan prosesnya dihentikan Bawaslu setempat dengan alasan tidak terbukti.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, apabila ingin mengintervensi tentu diperlukan upaya ekstra sebab, tidak semua orang dapat di intervensi oleh siapa pun dalam hal menentukan pilihannya.

“Harus ekstra kalau mau intervensi. Kalau netral tidak ada hal yang harus dikerjakan di luar yang seharusnya, dan saya percaya ASN, TNI Polri akan netral,” ucapnya.

“Saya percaya instruksi, arahan presiden akan dilaksanakan dan kita semua rakyat Indonesia akan menyaksikan netralitas akan ditunjukkan pada 14 Februari nanti,” tutur Anies menambahkan.

“Kami pastikan mereka semua (menjaga netralitas) yang didemosi, yang digeser karena kemenangan diraih pasangan nomor satu, maka akan mendapatkan tempatnya kembali kalau perlu promosi,” katanya.*

TiketFest