Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Bupati Cirebon Senggol Dinas PUTR Segera Lelang Proyek Jalan

250
×

Bupati Cirebon Senggol Dinas PUTR Segera Lelang Proyek Jalan

Sebarkan artikel ini
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. Foto: Instagram @kangimron.rosyadi

CIREBON– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cirebon didesak segera melakukan lelang pekerjaan perbaikan ruas jalan pada awal 2024. Jalan dalam kondisi rusak semakin dikeluhkan masyarakat.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menyebutkan, sebagian besar warga Kabupaten Cirebon sudah mendesak untuk segera memperbaiki jalan. Jalan dalam kondisi menghambat aktivitas sosial hingga perekonomian.

“Januari sudah bisa lelang, sesuai instruksi pemerintah pusat. Jadi, jangan sampai melakukan lelang pada pertengahan tahun,” kata Imron di Kabupaten Cirebon, Jumat (26/1/2024).

Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta kepada masyarakat bersabar terkait jalan rusak. Proses perbaikan jalan rusak harus dilakukan berdasarkan mekanisme berlaku. 

“Jalan rusak masih menyebar dari ujung timur hingga barat Kabupaten Cirebon,” ujar Imron.

Dalam catatan Dinas PUTR Kabupaten Cirebon, selama 2023 pemerintah daerah memperbaiki 236,272 kilometer jalan.

Dari total panjang tersebut, sepanjang 48,53 kilometer jalan direkonstruksi, 176,61 kilometer dilakukan pemeliharaan rutin, dan 18,12 kilometer dilakukan pemeliharaan berkala.

Jumlah anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan tersebut sebesar Rp110,8 miliar. Sebesar Rp91,6 miliar untuk rekonstruksi, Rp15,7 pemeliharaan berkala, dan Rp3,5 miliar pemeliharaan rutin.

Tahun ini, anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Cirebon pada 2024 sebesar Rp4,04 triliun.

Struktur APBD 2024 meliputi belanja daerah sebesar Rp4,04 triliun. Terdiri dari belanja operasional, belanja modal, belanja tidak terduga, belanja tidak terduga, belanja transfer. 

Kemudian target pendapatan daerah sebesar Rp3,91  triliun yang bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer, dan pendapatan daerah lainnya.*(Haqi)

TiketFest