Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Dampak PDN Diretas, 10 Website Pemkot Cirebon tak Bisa Diakses

174
×

Dampak PDN Diretas, 10 Website Pemkot Cirebon tak Bisa Diakses

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Situs Pemerintah Kota Cirebon terdampak alami gangguan usai Pusat Data Nasional (PDN) diretas oleh virus ransomware.

Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Aria Dipahandi mengatakan, situs cirebonkota.go.id sendiri saat ini terdampak akibat peretasan PDN.

“Sampai saat ini situs tersebut belum dapat diakses karena memang memiliki induk di PDN tapi untuk aplikasi lainnya kita punya backup,” katanya, Selasa (2/7/2024).

Dirinya melanjutkan, untuk aplikasi lokal lebih banyaknya ada di server DKIS sendiri tidak terdampak.

“Untuk penyimpanan memang dibagi menjadi dua, ada yang di PDN, lah ada yang di server DKIS sendiri, dan yang mengelola kita sendiri untuk aplikasi yang krusial seperti absensi dan sebagainya,” lanjutnya.

Ia menuturkan, website yang terkena ransomware milik Pemerintah Kota Cirebon sendiri memang hanya website saja yang tidak dapat diakses.

“Untuk data-data seperti data PNS dan lainnya aman, kita memang sudah memetakan meminimalisir resiko, untuk yang krusial kita kelola sendiri,” tuturnya.

Aria menjelaskan, terdapat 10 website yang terdampak akibat peretasan dari PDN itu sendiri.

“Untuk pelayanan insyaallah tidak terganggu, paling banyak peretasan itu menggunakan SQL Injection, dari DOS juga banyak,” jelasnya.

Pihaknya juga menyiapkan fortinet untuk membantu dari serangan-serangan siber yang terus menerus dilancarkan.

“Untuk kapasitas fortinet sendiri saat ini memang belum ideal akan tetapi sudah dapat terbantu dari serangan-serangan tersebut,” tutupnya.***(Sakti)

TiketFest