Scroll untuk baca artikel
CirebonBisnis

Di Grage Mall, Festival Minang Digelar Pertama Kali Hadiah untuk Hari Jadi Cirebon

278
×

Di Grage Mall, Festival Minang Digelar Pertama Kali Hadiah untuk Hari Jadi Cirebon

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Festival Budaya dan Kuliner Minang bertajuk “Rindu Minangkabau” sebagai bagian dari rangkaian acara Hari Jadi ke 597 Cirebon resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi di Grage Mall Cirebon, Rabu (10/7/2024) malam. 

Kegiatan tersebut akan berlangsung dari 10-14 Juli 2024, akan ada pagelaran seni budaya Minangkabau dan kuliner khas yang didatangkan langsung dari tanah Minang. 

Pj Wali Kota Agus Mulyadi mengatakan, persembahan dari keluarga besar minang untuk Kota Cirebon ini adalah hal yang luar biasa, dengan berbagai aktivitas, profesi sehingga menjadi kesatuan dan persatuan di tengah keragaman sebagai sebuah bangsa. 

“Ini menjadi bagian dari ikatan emosional yang harus kita jaga. Karena, dengan berbagai ragam seni budaya dan kuliner merupakan keberagaman yang menyatukan kita,” ungkap Pj Wali Kota. 

Ia berharap, keluarga besar Minang Sepakat yang ada di Kota Cirebon dapat memberikan dukungan, partisipasi dan sumbangsihnya untuk kota ini. 

“Terima kasih dari kami, dan mudah-mudahan kado untuk Kota Cirebon dari keluarga besar Minang Sepakat ada di tahun-tahun berikutnya. Kerinduan akan tetap terjaga,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Minang di Kota Cirebon sekaligus panitia pelaksana kegiatan, dr Edial Sanif menyampaikan, kegiatan ini bentuk dari pemberian hadiah untuk Kota Cirebon yang tahun ini berusia 597.

“Masyarakat Minang yang ada di Kota Cirebon memberikan hadiah khusus berupa kuliner dan budaya Minang, rindu kampung halaman. Sehingga Kota Cirebon ini dirasakan sebagai kampungnya sendiri,” ucap dr Edial. 

Diharapkan ke depan, lanjutnya, sinergitas antara masyarakat Minang yang ada di Kota Cirebon dangan masyarakat Cirebon itu sendiri terus terjalin erat. Ada ikatan psikologis. 

“Selamat Hari jadi ke 597 Cirebon. Ini kegiatan luar biasa, pertama kali juga,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Kreasi Akar Sembilan, Radite A.H. Soewondopranoto mengatakan, Grage Group merasa bangga Grage Mall bisa menjadi tempat penyelenggaraan acara Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang.

“Pasalnya, kegiatan ini tak hanya menjadi salah satu acara yang memeriahkan Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun, lebih dari itu. Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang ini juga menjadi penguat ikatan komunitas perantau Minang dan warga Kota Cirebon,” katanya.

Ini juga sejalan dengan Tema Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun yakni “Cirebon Guyub”.

Tak lupa, dalam kesempatan ini pihaknya juga menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun.

“Semoga sesuai harapan yang dicita-citakan, Kota Cirebon mukti lan mulya selawase,” tambahnya.***

TiketFest