Scroll untuk baca artikel
CirebonBerita

Dlugdag, Tradisi Pukul Bedug di Keraton Kasepuhan Cirebon Tanda Ramadan Tiba

165
×

Dlugdag, Tradisi Pukul Bedug di Keraton Kasepuhan Cirebon Tanda Ramadan Tiba

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Hari terakhir di Bulan Sya’ban dan menyambut datangnya Ramadan, Kesultanan Kasepuhan Cirebon melangsungkan tradisi Dlugdag, atau pemukulan Bedug Samogiri di halaman Langgar (masjid) Agung Keraton, Senin (11/3/2024). 

Pemukulan bedug tersebut menandakan waktu masuk bulan Ramadan tiba.

Prosesi pemukulan Bedug Samogiri dilakukan langsung oleh Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Gumelar Soeryadiningrat bersama keluarga dan warga melaksanakan selepas Salat Asar di Masjid Agung Keraton Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Patih Gumelar mengatakan, tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun itu terus dilestarikan sebagai syiar dan merawat khazanah budaya leluhur Cirebon.

“Pemukulan bedug ini namanya tradisi dlugdag, sebagai tanda masuknya bulan suci Ramadan, sebagaimana hasil sidang isbat, 1 Ramadan tahun ini jatuh pada 12 Maret 2024,” jelasnya. 

“Tradisi ini sudah berlangsung ratusan tahun. Tradisi ini tidak ada di Timur Tengah hanya adanya di Pulau Jawa saja, pertama kali dilakukan oleh para Wali Sanga untuk mengingat waktu salat,” katanya. 

Selain dibunyikan sebagai tanda masuk bulan puasa dan salat tarawih, lanjutnya, tradisi dlugdag pun ditabuh menyambut salat Idulfitri dan Iduladha.

Ia menjelaskan, di zaman dulu untuk menandakan waktu salat masih menggunakan alat pengukur bayangan matahari. Bila sudah didapat waktu tepat masuk salat, Panatagama atau pemuka agama menabuh bedug sebagai tanda sudah masuk waktu salat.

“Zaman dulu menggunakan alat pengukur bayangan matahari. Belum ada pengeras suara apalagi media sosial. Makanya para wali menggunakan bedug sebagai pertanda masuk waktu salat,” katanya.

Usai melangsungkan tradisi tersebut, ia mengungkapkan, rasa syukurnya, karena dengan tradisi yang berlangsung setiap tahun ini, dirinya dapat bersilaturahmi dengan abdi dalem dan warga sekitar keraton.

“Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini kita semua diberikan keberkahan,” ungkapnya.***

TiketFest