Scroll untuk baca artikel
Cirebon

DPRD Kota Cirebon Ingatkan Pemerintah Tentang Pentingnya Perbaikan Drainase untuk Antisipasi Banjir

85
×

DPRD Kota Cirebon Ingatkan Pemerintah Tentang Pentingnya Perbaikan Drainase untuk Antisipasi Banjir

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Komisi II DPRD Kota Cirebon mengingatkan Pemerintah Daerah untuk segera memperbaiki drainase guna mencegah banjir.

Banyak drainase di Kota Cirebon rusak atau tersumbat, menyebabkan banjir di beberapa area saat hujan deras dan aliran sungai meningkat.

Ketua Komisi II DPRD H Karso SIP menyampaikan hal ini dalam rapat kerja dengan Dinas PUPR dan BBWS Cimanuk Cisanggarung pada Senin (13/5/2024) di Griya Sawala.

“Beberapa drainase masih tidak berfungsi maksimal, ditambah lagi kebiasaan masyarakat yang kurang disiplin membuang sampah,” ujarnya.

Sedimentasi di beberapa wilayah sungai perlu segera ditangani oleh instansi terkait.

Karso juga prihatin dengan adanya bangunan yang berdiri di atas drainase atau saluran air dan meminta peninjauan ulang perizinan bangunan tersebut.

“Jika izinnya tidak ada, berarti bangunan tersebut ilegal dan perlu tindakan lanjut,” tambahnya.

Anggota Komisi II Ir Watid Sahriar MBA menyarankan agar Dinas PUPR melibatkan BBWS dalam penanganan drainase untuk membuat perencanaan teknis yang dituangkan dalam Detail Engineering Design (DED).

“Jika inisiatif instansi terkait belum terealisasi, bisa mengajukan usulan ke provinsi atau pusat,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Kota Cirebon Rachman ST menyatakan akan menormalisasi aliran sungai yang sedimentasinya menumpuk, termasuk sungai Sijarak 1, Sijarak 2, sungai Cikenis, sungai Cikalong, sungai Bedeng, sungai Sigujeg, dan sungai Cimanggu.

“Kami juga meminta BBWS untuk membantu, terutama dalam menangani drainase jalan yang dipenuhi sampah, sedimentasi, bahkan yang tertutup plat beton,” tuturnya.

Dinas PUPR juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

“Kami akan memetakan dan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” pungkasnya.

BBWS menyatakan kesiapan untuk mendukung langkah strategis Dinas PUPR dalam penanganan banjir di Kota Cirebon.

Hadir dalam rapat tersebut anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon Syarif Maulana dan Agung Supirno SH. (Humas DPRD Kota Cirebon)

TiketFest