Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

DPUTR : Hibah, SIIP akan Berikan Sanitasi Layak Bagi Masyarakat Kota Cirebon 

185
×

DPUTR : Hibah, SIIP akan Berikan Sanitasi Layak Bagi Masyarakat Kota Cirebon 

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon sebut program Sanitation Infrastructure and Institutional Support Program (SIIP) bermanfaat untuk masyarakat Kota Cirebon.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUTR Kota Cirebon, Bagus Toni Umbara mengatakan, program bantuan dari pemerintah Australia kepada Kota Cirebon sendiri merupakan program yang berjangka.

“Pada tahun 2024 sampai dengan 2026 mendatang tugas SIIP ini adalah menginventarisir seluruh IPAL Kota Cirebon begitu juga dengan sanitasi masyarakatnya,” katanya, Rabu (19/6/2024).

Dirinya melanjutkan, terdapat 4 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), 1 IPL, 39 sanimas yang ada di Kota Cirebon yang tercatat di DPUTR.

“Nanti akan diinventarisir dan dilakukan pengecekan langsung ke lapangan oleh konsultan dari Australia tersebut,” lanjutnya.

Ia menuturkan, pembangunannya sendiri akan berlangsung pada tahun 2027 setelah dilakukan inventarisir oleh tim dari Australia.

“Teknisnya seperti apa, ya nanti akan berjalan pada 2027, jadi ini dokumen dahulu diinventarisir sampai akhir 2026, 2027 baru eksekusi di kami,” tuturnya.

Bagus menjelaskan, sebenarnya program ini akan dirasakan dampaknya 100 tahun kedepan.

“Ini bagus untuk anak cucu kita nantinya, memiliki rumah dengan sanitasi yang baik, dan juga memiliki kesehatan yang baik juga,” jelasnya.***(Sakti)

TiketFest