Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Erick Thohir Doakan Kesuksesan Tim Indonesia U-23 di Final Piala AFF U-23

616
×

Erick Thohir Doakan Kesuksesan Tim Indonesia U-23 di Final Piala AFF U-23

Sebarkan artikel ini
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Jeam Kelly Sroyer (kedua kanan) bersama rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/rwa/aa. (Handout Humas PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengirimkan doa terbaiknya untuk tim nasional Indonesia U-23 yang akan bertanding dalam final Piala AFF U-23 melawan Vietnam U-23 di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, pada Sabtu (26/8) pukul 20.00 WIB.

“Buktikan bahwa kita memiliki dampak dan berikan yang terbaik,” kata Erick yang dikutip dari ANTARA, Sabtu (26/8/23).

Indonesia berhasil melangkah ke final setelah mengalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1 dalam babak semifinal pada Kamis (24/8). Melalui gol-gol yang diciptakan oleh Kelly Sroyer, Muhammad Ferarri, dan gol bunuh diri dari Natcha Promsomboon, sementara hanya kebobolan satu gol dari Thailand melalui Chukid Wanprahao, tim yang ditangani oleh Shin Tae-yong ini mencatat sejarah dengan memutus kutukan mereka yang tidak pernah menang melawan tim Thailand di kandangnya sendiri selama 38 tahun sejak tahun 1985.

Pelatih Shin Tae-yong juga mencatat pencapaian pribadi dengan berhasil mengalahkan Thailand sejak ia menangani timnas pada akhir tahun 2019. Statistik menunjukkan bahwa pelatih asal Korea Selatan ini sebelumnya meraih empat hasil seri dan dua kekalahan melawan Thailand, sebelum akhirnya meraih kemenangan di semifinal Piala AFF U-23.

“Era 38 tahun di mana kita belum pernah mengalahkan Thailand di markas mereka akhirnya berakhir. Ini adalah anugerah dari Tuhan yang membuat kita masuk ke final Piala AFF,” tambahnya.

Erick mengatakan bahwa dalam pertandingan final yang akan dimainkan malam Sabtu, ia akan memberikan dukungan langsung kepada tim Indonesia dengan menyaksikan pertandingan di Stadion Provinsi Rayong.

“Insya Allah, besok saya akan pergi ke sana, dan apapun hasilnya, saya akan mendukung timnas Indonesia,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia.

Kemenangan melawan Thailand dalam semifinal Piala AFF U-23 adalah kemenangan kedua Indonesia atas Thailand secara beruntun, mengingat kemenangan pertama terjadi dalam pertandingan final SEA Games 2023 di Kamboja. Pada waktu itu, timnas U-22 yang dilatih oleh Indra Sjafri berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 5-2.

Kemenangan dalam final Piala AFF U-23 akan menjadi pencapaian gemilang bagi Ramadhan Sananta dan rekan-rekannya, karena selain memecahkan kutukan 38 tahun tanpa kemenangan melawan tim Thailand di kandangnya, mereka juga berpeluang untuk meraih gelar juara AFF U-23 di negara yang memiliki ibu kota Bangkok tersebut.

“Dalam hal perasaan, saya tidak berani berspekulasi, yang pasti kami ingin menang, bagaimana dengan skor 2-1? Aamiin,” ujar Erick dalam prediksi singkatnya.

Selanjutnya, Erick Thohir yang berusia 53 tahun mengisyaratkan bahwa timnas Indonesia U-23 akan mendapatkan bonus jika berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-23.

“Seperti biasanya, apakah akan ada bonus?” tanya Erick.***

TiketFest