Scroll untuk baca artikel
Cirebon

Gapura Alun-alun Pataraksa Cirebon Ambruk, Begini Respon Dinas

518
×

Gapura Alun-alun Pataraksa Cirebon Ambruk, Begini Respon Dinas

Sebarkan artikel ini
Kondisi Alun-alun Pataraksa, Sumber, Cirebon yang ambruk pada Selasa (2/1/2024). Foto: Dialog/Sarrah

CIREBON– Baru diresmikan 10 November 2023 lalu, gapura Alun-alun Pataraksa di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon ambruk pada Selasa (2/1/2024) malam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Herdiawan mengatakan, dirinya mendapat informasi kejadian tersebut terjadi pada pukul 20.30 WIB.

“Berdasarkan informasi dari teman-teman yang di lapangan bahwa kejadian pukul 20.30 WIB,” katanya, Selasa (2/1/2024).

Sementara untuk penyebab ambruknya gapura yang rampung pada 27 Oktober lalu tersebut masih belum diketahui.

“Kalau terkait penyebab saya sudah berkoordasi dengan pelaksana pengawas kegiatan saya minta informasi dari mereka kira-kira yang menjadi penyebab kejadian ini apa,” jelasnya.

Iwan mengaku menerima informasi serta laporan dari pihak pelaksana bahwasannya selama ini, mulai dari awal pengerjaan Alun-alun Pataraksa hingga detail terkecil dikerjakan sesuai dengan aspek yang direncanakan.

“Mereka (pelaksana pekerjaan Alun-alun Pataraksa) menyampaikan bahwa setiap detail pekerjaan sudah dilaksanakan sesuai dengan aspek yang direncanakan,” ucapnya.

Adapaun langkah kami yang pertama, lanjut Iwan, tentu dikarenakan masih dalam masa pemeliharaan pihak pelaksana maka, diserahkan kepada pihak terkait.

“Ini masih tanggung jawab pelaksana ya sampai dengan April 27 April dan kami sudah menghubungi pihak pelaksana untuk segera mereka melakukan tanggung jawabnya mengenai kerusakan ini,” kata Iwan.

Dia menjelaskan, sebelum gapura ambruk pihaknya telah berkirim surat pada teman-teman di bidang KP.

“Sebetulnya sudah ada komunikasi dengan bidang KP, (kami) selalu memperhatikan situasi di pataraksa dan ketika mereka melihat ada hal-hal yang dianggap kurang atau penurunan kualitas kita selalu mengingatkan pelaksana untuk memperbaiki,” jelasnya.

Terkait gapura pun, kata Iwan, pihaknya telah mengirim surat saat tanggal 2 kemarin (Desember) untuk mereka memperbaiki memperbaiki beberapa item,” ujarnya.

Dari kejadian ini, Iwan menyatakan akan mengevaluasi total pekerjaan pelaksana dalam pelaksanaan pembangunan Alun-alun Pataraksa.

“Iya tentu akan ada evaluasi total,” tegasnya.

Iwan juga menekankan segala bentuk kerusakan Alun-alun pataraksa masih dalam tanggung jawab pelaksana.

“Sekali lagi saya tekankan masih dalam masa pemeliharaan (pelaksana) jadi saya atau kita dari LH tentu akan meminta pelaksana untuk memperbaiki berbagai item yang menurut kita harus segera diperbaiki,” tegasnya.

Akibat dari kejadian ini, pihaknya akan menutup sementara taman pataraksa demi keamanan dan kenyamanan.*(Sarrah)

TiketFest