Scroll untuk baca artikel
Berita

IAI Jawa Barat Sebut Cirebon Miliki Potensi Besar di Sektor Pariwisata

381
×

IAI Jawa Barat Sebut Cirebon Miliki Potensi Besar di Sektor Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Kunjungan IAI Jawa Barat ke Desa Sitiwinangun Kabupaten Cirebon, Sabtu (2/12/2023). Foto: Dialog/Sakti

CIREBON – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Barat melakukan ekskursi arsitektur ke beberapa desa di Cirebon salah satunya di Desa Sitiwinangun Kabupaten Cirebon.

Ketua IAI provinsi Jawa Barat, Adrianto Santoso mengatakan, kegiatan ekskursi ini dilakukan guna melihat desa-desa yang berkontribusi terhadap arsitektur.

“Kita tadi melihat Vihara Dharma Rakhita, dan juga melihat kerajinan gerabah yang berada di Desa Sitiwinangun,” katanya, Sabtu (2/12/2023).

Dirinya melanjutkan, setelah dari Cirebon, pihaknya bersama dengan puluhan arsitek Jawa Barat mengunjungi Art Factory yang ada di Jatiwangi.

“Cirebon sendiri memiliki potensi yang cukup besar dan kita akan dorong agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas,” lanjutnya.

Ia menuturkan, kunjungan ini akan diteruskan kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

“Hasil ini sebetulnya akan menjadi modal diskusi dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, dan mudah-mudahan pengembangan desa kreatif menjadi konsen dari pemprov,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IAI Korwil Cirebon, Nurhidayah mengatakan, pihaknya mengarahkan ke Jamblang karena menginginkan arsitek Jawa Barat lebih mengenal budaya lokal Cirebon.

“Yang dimana di Jamblang terdapat vihara tertua, dan juga pengrajin gerabah tertua, ini juga bisa mendorong sektor pariwisata di Cirebon,” katanya.

Dirinya menuturkan, IAI akan mendorong anggotanya untuk memakai kerajinan gerabah dalam arsiteknya.

“Mungkin dengan menempelkan desain gerabah pada arsitekturnya, dan bisa menjadi industri pariwisata,” tutupnya.*(Sakti)

TiketFest