Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebon

Isi Kuliah Umum di UGJ, Ketua Pembina YPSGJ Ingatkan Gen Z Menjaga Nilai Kebangsaan

151
×

Isi Kuliah Umum di UGJ, Ketua Pembina YPSGJ Ingatkan Gen Z Menjaga Nilai Kebangsaan

Sebarkan artikel ini
Ketua Pembina Yayasan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) Cirebon, Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. saat mengisi kuliah umum di UGJ, Jumat (16/2/2024). Foto: Dialog/Abi

CIREBON – Ketua Pembina Yayasan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) Cirebon, Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. mengingatkan Gen Z untuk menjaga nilai kebangsaan.

Ia mengatakan, anak muda saat ini harus menanamkan semangat gotong royong dan toleransi.

Hal ini disampaikan saat mengisi kuliah umum atau studium generale di UGJ, Jumat (16/2/2024).

“Pada era teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini. toleransi dan gotong royong harus selalu dijaga dikarenakan banyak konten-konten hoaks,” ungkapnya.

Eks Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) 2021-2023 ini menjelaskan, pada saat ini juga sudah memasuki tahap di mana kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan.

“Hal itu menyebabkan mudah sekali terjadi konflik sara, terlebih di Indonesia sendiri memiliki beranekaragam baik dari suku, agama, maupun golongan, sehingga sangat rentan apabila tidak dapat dikelola dengan baik,” lanjutnya.

Ia menuturkan, Indonesia menduduki peringkat 100 dari 179 negara yang masuk ke dalam indeks kerentanan pada tahun 2022.

“Kita juga harus menghargai satu sama lain walaupun memiliki perbedaan, hal itu sesuai dengan yang diajarkan nenek moyang kita sejak 660 tahun yang lalu,” tuturnya.

Dudung menjelaskan, masyarakat Indonesia juga tak hanya harus mewaspadai ancaman eksternal saja, akan tetapi ancaman internal.

“Selain itu, Gen Z juga harus menjaga nilai-nilai bangsa Indonesia, dan juga ancaman internal lainnya seperti berita hoaks lainnya,” jelasnya.*(Sakti)

TiketFest