Scroll untuk baca artikel
BeritaCirebonDialog Pemilu

Kesbangpol Kota Cirebon Jaga Stabilitas Politik Menjelang Pilkada

266
×

Kesbangpol Kota Cirebon Jaga Stabilitas Politik Menjelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
Kepala Kesbangpol Kota Cirebon Buntoro Tirto. Foto: Humas Pemkot Cirebon
Kepala Kesbangpol Kota Cirebon Buntoro Tirto. Foto: Humas Pemkot Cirebon

CIREBON – Pembinaan pendidikan politik jadi cara Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cirebon untuk ciptakan stabilitas selama tahun politik di 2024.

Kepala Kesbangpol, Buntoro Tirto mengatakan, wawasan dan pendidikan politik bagi semua kalangan merupakan hal terpenting untuk mewujudkan situasi politik yang damai.

“Bentuknya kita undang perwakilan dari sekolah dan kampus, mereka menjadi agen perubahan bagi sebayanya untuk mensosialisasikan bahwa yang terpenting dalam pemilu adalah kedewasaan tentang perbedaan,” katanya, Rabu (6/3/2024).

Dirinya melanjutkan, strategi dengan melakukan pendidikan politik tersebut akan terus dilanjutkan sampai pemilihan kepala daerah pada November 2024 mendatang.

“Menuju pilkada ini, jumlah pemilih pemula pasti bertambah, oleh sebab itu, pendidikan politik dan wawasan kebangsaan akan tetap dilaksanakan sebagai bagian upaya menjaga stabilitas politik, terutama bagi anak muda,” lanjutnya.

Ia menuturkan, generasi milenial dan juga generasi Z sendiri memiliki peran besar pada pemilu.

“Generasi milenial dan Gen Z sendiri memiliki populasi terbesar yakni sebanyak 58 persen, hal ini membutuhkan kedewasaan dan perbedaan dalam memilih harus disadari secara maksimal,” tuturnya.

Buntoro menjelaskan, faktor media sosial menjadi hal yang penting pada tahun politik saat ini.

“Karena segala bentuk provokasi dan berita bohong sangat mudah masuk dan menyebar,” tutupnya.***

TiketFest