Scroll untuk baca artikel
Dialog Pemilu

KPU Ungkap Alasan Batal Gelar Nonton Bareng Debat Perdana Pilpres 2024

161
×

KPU Ungkap Alasan Batal Gelar Nonton Bareng Debat Perdana Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) batal menggelar nonton bareng (nobar) debat perdana Pilpres 2024.

Debat perdana perdana Pilpres 2024 dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, semua stasiun televisi akan menyiarkan secara langsung debat perdana Pilpres 2024 tersebut. Bahkan, platform lainnya yang berkaitan dengan kegiatan penyiaran turut menayangkannya.

“Karena semua tv akan menyiarkan secara langsung, tidak hanya televisi tapi semua platform yang kaitannya dengan penyiaran termasuk radio, baik streaming dan sebagainya diberikan akses untuk menyiarkan debat,” ungkapnya dilansir dari ANTARA, Senin (11/12/2023).

Sebelumnya, Sabtu (9/12/2023), KPU berencana menyiapkan tiga lokasi untuk “nobar” debat capres/cawapres.

“Terkait apakah ada titik ‘nobar’ di beberapa tempat itu sedang kami bicarakan, memang sudah ada proyeksi di tiga titik,” kata anggota KPU RI August Mellaz.

August belum membeberkan lokasi pasti ‘nobar’. Namun, dia menjelaskan bahwa tujuan ‘nobar’ untuk mencegah konsentrasi massa hanya di area Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Dia juga mengatakan pada saat debat berlangsung, area Kantor KPU nantinya akan steril. KPU akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar debat perdana berjalan baik.

Dia mengatakan tempat debat dengan model townhall di halaman KPU dapat menampung hingga 800 orang. Namun, setiap pasangan calon diizinkan membawa 75 orang, sehingga total 225 orang.

Sisanya untuk tamu undangan KPU, termasuk perwakilan dari kementerian, lembaga, duta besar, dan tamu undangan lainnya.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.*

TiketFest